Ikut Bersekongkol Lakukan Penipuan Warga Kalibutuh Dipolisikan

Surabaya, beritaTKP.Com – Setelah menangkap Chusnul Jachin alias Ateng (44) warga Tembok Dukuh II, Kecamatan Bubutan, Surabaya dalam kasus dugaan penipuan dengan modus pengerjaan proyek milik salah satu BUMD di Surabaya menyeret tersangka baru yakni Choirul Anam (48) warga Jalan Kalibutuh RT 1 RW 7, Kecamatan Bubutan, Surabaya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Chusnul Jachin ditahan lebih dulu di Polsek Krian. Ia mengaku memiliki kedekatan dengan orang-orang penting di Pemkot Surabaya dan bisa memberikan proyek-proyek. Tetapi hal itu diduga sebagai modus penipuan untuk meraup keuntungan ratusan juta. Tersangka lantas ditangkap di salah satu rumah di Perumahan Kepuh Permai, Desa Kepuhkiriman, Waru, pertengahan tahun 2017 lalu.

Dalam kasus ini Choirul Anam diduga ikut bersekongkol dengan Chusnul Jachin menipu korbannya, Suwarsih Adityana Putri (28) warga Perumahan Bumi Papan Selaras, Desa Tanggul, Kecamatan Wonoayu. Korban diminta memberikan modal Rp 115 juta dan dijanjikan mengerjakan proyek salah satu BUMD di Surabaya dengan keuntungan Rp 25 juta.

Hingga akhirnya tersangka Choirul Anam berhasil diamankan oleh anggota Polsek Krian dalam hal ini Kanitreskrim Polsek Krian AKP Aspul Bakti mengatakan pihaknya memang menetapkan tersangka Choirul Anam sebagai tersangka karena diduga ikut bersekongkol. Dalam pemeriksaan, tersangka mengakui tidak ikut menikmati hasil penipuan yang dilakukan tersangka Chusnul Jachin, ia juga menambahkan bahwa yang bersangkutan (Choirul Anam) mengaku tahu dan saat itu namanya juga digunakan pada CV yang rencananya untuk mengurus proyek BUMD tersebut dan kini berkas tersangka kini sudah diserahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Sidoarjo dan Saat ini berkasnya sudah P21. @lutf