Apel Siaga Dalam Rangka Hari Peduli Sampah Nasional 2018

0
134

Pada awal tahun 2018 Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar mengelar apel siaga hari peduli sampah nasional. Kegiatan apel siaga bertempat dihalaman kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar selasa 30/1. Sebanyak 105 peserta Apel siaga  meliputi petugas lapangan seperti dari TPA,RTH dan staf  Dinas LH,acara tersebut  dipimpin langsung Kadis lingkungan hidup Kabupaten Blitar  Ir.Krisna Triatmanto,M.Si.

Kegiatan apel siaga ini  awal dari rangkaian Hari Peduli Sampah Nasional yang pelaksanaannya pada 21 Januari 2018. Dimana hari peduli sampah berlangsung selama 3 bulan, dimulai pada bulan Januari hingga Maret 2018. Hari Peduli Sampah Nasional yang telah dicanangkan oleh  Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan  disini mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjadikan Indonesia bebas dari sampah. Kebijakan telah dilakukan Pemerintah dengan membentuk UU Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah serta PP Nomor 81 Tahun 2013 tentang Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga. Begitu juga dengan Perda Kabupaten Blitar nomer 10 tahun 2011 tentang Sosialisasi pengelolaan sampah. “Tiga Bulan Bersih Sampah” atau TBBS yang dilaksanakan di seluruh Indonesia dengan tema “Sayangi Bumi, Bersihkan dari Sampah” pada 21 Januari 2018 sampai 21 April 2018. Puncak peringatan HPSN 2018 akan dilaksanakan 21 Februari 2018. “Kita wujudkan Indonesia bersih sampah, kita kurangi sampah dari kita, kita bersihkan sampah sekitar kita, kita wujudkan budaya bersih,”.

Saat dikonfirmasi media Berita TKP, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar Ir. Krisna Triatmanto,M.Si mengatakan pada Selasa 30/1 merupakan apel siaga atau kesiapan yang dimana persiapan dalam rangka hari sampah nasional. Begitu juga agenda 3 bulan (Tiga Bulan Bersih Sampah atau TBBS ) yang telah dicanangkan oleh Menteri LHK kami menuruskan kegiatan. Dengan mengumpulkan petugas lapangan yang siap untuk pelaksanaan kegiatan Hari Sampah Nasional 2018.

Petugas lapangan penyapu jalan, petugas TPA maupun petugas RTH harus siap dalam pelaksanaan program 2018 ini. Hal ini agar menjaga kebersihan maupun keindahan kota. Kesiapan ini peringatan hari sampah nasional keseluruhan petugas lapangan tidak terkecuali staf dinas lingkungan hidup agar dapat memberikan contoh yang terbaik pada diri sendiri. Rangkaian hari sampah nasional 2018 tidak hanya membersihkan sampah yang ada tetapi perlu adanya sosialisasi kepada masyarakat akan kebersihan maupun memilah sampah dari sampah organic dan non organic.

Tidak hanya dari Dinas lingkungan hidup tetapi seluruh instansi,swasta maupun masyarakat agar dapat melaksanakan gerakan bersih-bersih sampah. Arahan dari Kementrian LHK sampah merupakan tanggung jawab kita semua sehingga semua kompenen masyarakat di pemukiman, kawasan wisata,diperdesaan, perkotaan maupun perkantoran semua ini harus mengelola sampah masing-masing, gerakan bersih-bersih dan prasarana pengelolaan sampah. Dinas akan membentuk satgas  yang terbagi satgas pohon untuk merapikan dan memelihara pohon ditepi jalan, adapun saber sampah adalah pemantauan,pengawasan dan penindakan bagi orang yang membuang sampah sembarangan,”imbuhnya.

Harapannya dengan sosialisasi ini masyarakat perkotaan dan pedesaan menyusun perda desa terkait dengan pengelolaan sampah. Sehingga  pengelolaan sampah dapat dikelola sebaik-baiknya termasuk penyiapan prasarana dan sarana secara mandiri oleh desa begitu juga partisipasi masyarakat khususnya,”ujarnya. (fm)