Keterbukaan Informasi Dan Kepedulian Pemerintahan Desa Jadi Perbincangan Warga Cengkok

0
391

Nganjuk, BeritaTKP.Com – Pemerintahan desa sebagai pelayan masyarakat untuk menyampaikan pendapat dan menyelesaikan permasalahan masih di rasa kurang memuaskan bagi warga Desa Cengkok Kecamatan Ngronggot. Banyak warga masyarakat mengeluh terkait pelayanan pemerintahan desa yang masih mengutamakan keluarga ataupun saudaranya.

Harapan warga desa keterbukaan informasi dan kepedulian baik Kepala Desa dan perangkat lebih di utamakan kepentingan masyarakat dari pada kepentingan pribadi mereka. Sebagai aparatur pemerintahan desa harus bisa mengayomi dan menyampaikan serta melaksanakan program-program dari pemerintah pusat ataupun daerah. Warga juga menyampaikan bahwa pembangunan di desanya kurang maksimal serta aspirasi warga kurang di perhatikan.

Bisa dilihat dari kondisi akses jalan di pemukiman warga banyak yang belum di perbaiki bahkan warga sendiri melakukan kegiatan gotong royong untuk memperbaiki jalan tersebut. Dana desa menurut informasi begitu besar untuk desa Cengkok tapi buktinya mana pembangunan tidak seperti desa desa lain di Kecamatan Ngronggot jelas salah satu warga yang tidak mau di sebutkan namanya.

Sembari ngobrol santai warga lain juga angkat bicara bahwa paving yang baru di kerjakan sudah ada yang pecah dan retak tolong pean lihat sambil menunjukan lokasinya. Kondisinya sudah rusak dan putus pengerjaanya terkesan asal-asalan dan anggaran tidak sesuai.

Seperti halnya Program PRONA hanya keluarga dekat perangkat desa yang masih di utamakan dan biayanya juga tidak sama. Bahkan ada keluarga perangkat yang mendapatkan dua sampai tiga bidang pada saat Prona kemarin ulasnya. Sedangkan untuk biaya prona sendiri cukup tinggi di banding desa lain. Walaupun biaya pengurusan Prona cukup tinggi bagi warga tetap menerima dan menyetujuinya dari pada saya mengurus secara reguler tambah warga yang lain. Saat di temui perangkat desa (Bayan) menjelaskan memang untuk prona tahap pertama ada yang mendapatkan lebih dari satu itu karena ada warga status tanahnya masih bermasalah dengan keluarga jadi kita sarankan di selesaikan dahulu.

Terkait keluhan warga saat Kepala Desa di temui awak media Berita TKP menjelaskan bahwa pemerintahan desa ataupun saya sendiri sebagai Kades sangat terbuka apabila warga menyampaikan permasalahan ataupun masukan yang ada dan bersifat untuk kebaikan bersama kepada saya. Harapan Kepala Desa apabila keluh kesah warga terkait pembangunan desa bisa langsung di utarakan ke pihaknya atau perangkat setempat agar aspirasinya bisa terwujud demi kepentingan bersama. Sebagai Kades saya siap untuk menemui dan membantu demi kemajuan Desa Cengkok.

Lain halnya jawaban dari Kasun bahwa saya sebenarnya sudah mengajukan dan membicarakan dengan RT dan RW bersama warga dusun Sembung lokasi jalan mana saja yang perlu diperbaiki tetapi masih menunggu keputusan dari pemerintahan desa kapan di realisasikan. Kapan waktunya saya belum tahu yang saya lakukan sudah saya sampaikan pada saat musawarah desa.

Pada waktu yang berbeda awak media Berita TKP menemui Pelaksana Kegiatan desa Cengkok menjelaskan bahwa sebagai PK untuk pembangunan semua di hendel oleh Kades saya cuma menunggui pengerjaannya untuk lebih jelasnya ke Pak Lurah saja. Semua ke uangan ataupun pengadaan dan pembelanjaan di lakukan oleh Kepala Desa. (Hary)