Nyaru Jadi Intel, Warga Kapas Baru Diciduk Polisi

Surabaya, BeritaTKP.Com – Dengan Memanfaatkan kepolosan pemuda berusia 18 tahun, Andi Sugianto alias Bobi (38)0 Jalan Kapas Baru Gang XI, Surabaya melancarkan aksi pencurianya di warung kopi yang dijaga oleh Rian Nala,ABG asal Dusun Wonokoyo, Desa Klopohsepuluh, Sukodono.

Maling bernama Andi Sugianto alias Bobi tersebut melakukan aksi pencurian HP milik Rian dengan mengaku sebagai intel, kejadian tersebut bermula saat tersangka datang ke warkop yang dijaga korban tersebut sekitar pukul 03.00. Tersangka mengaku bernama Ribut Siswantoro, warga Desa Medaeng, Waru. Ia mengarang cerita sedang menunggu anak buahnya yang sedang disebar di sekitar wilayah Sukodono untuk menangkap pencuri.

Korban percaya saja karena tersangka mengaku intel. Tapi ia tidak menyebutkan intel instansi mana Setelah akrab, tersangka lantas meminta makan dan minum di warung tersebut hingga sekitar pukul 06.00. Korban saat itu tidak curiga. Bahkan ia merasa nyaman karena warkopnya ditunggui intel sehingga apa yang diminta tersangka langsung dibuatkan.

Hingga akhirnya korban dimintai tolong untuk membelikan rokok ke minimarket Korban juga tidak curiga. Ia langsung ke minimarket meski tidak diberi uang oleh tersangka, dan saat korban pergi, ia langsung mengambil handphone milik korban yang sedang dicharge. Setelah mengambil, tersangka kabur dengan mengendarai motornya.

Ketika kembali, korban terkejut tersangka tidak ada. Ia curiga dan melihat handphonenya sudah hilang mengalami kejadian tersebut korban sempat kebingungan dengan mencari ke sekitar warkop hingga kemudian korban melapor ke Polsek Sukodono. Polisi yang mendapat laporan langsung melakukan pencarian.

Beruntung, sebelumnya korban sempat foto selfie dengan tersangka dan diupload di halaman Facebooknya dan Polisi pun melakukan pencarian berbekal foto tersebut, mendapat informasi jika yang bersangkutan kontrak rumah di Desa Kemangsen, Balongbendo, dekat balai desa setempat dan selanjutnya polisi langsung menangkap tersangka dikontrakannya dan saat itu juga petugas mendapati korban sedang tidur namun bukan tidur dengan istrinya melainkan dengan pacarnya.

Bahkan sebelum melakukan penangkapan terhadap tersangka Polisi sempat tertipu dengan nama Ribut yang diakui tersangka sebagai namanya. Saat menyerahkan surat pemberitahuan penangkapan ke rumah Ribut di Medaeng ternyata ia ada di rumah. Polisi pun terkejut, ternyata KTP Ribut ini bukan milik tersangka, melainkan hasil menjambret di Waru. Setelah diinterogasi kembali baru diketahui jika nama tersangka  Andi Sugianto.

Usut punya usut, Tersangka sudah lima kali melakukan kejahatan dengan modus ini di Sidoarjo dan Surabaya. Ia juga baru bebas tiga bulan lalu setelah ditahan di Lapas Ponorogo karena kasus penipuan proyek. @rzk/lutf

Download Apps BeritaTKP di Hp Anda