Polisi Ciduk Penjual Materai Bekas Pakai

0
155

Malang, BeritaTKP.Com – Ahmad Fauzi (42), warga Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang diringkus Tim Satreskrim Polres Malang, hal ini dikarenakan ia telah menjual materai bekas pakai bahkan saat penangkapan pelaku petugas berhasil menyita berupa 2.100 lembar materai bekas dari rumah pelaku.

Menurut informasi ribuan materai itu dikumpulkan pelaku dari para pengepul barang bekas dan dibeli tersangka seharga Rp 1500, Pemalsuan materai ini, lanjut Ujung, bukan berarti materainya yang palsu. Namun, materai asli diberi cairan untuk menghilangkan tanda jika materai itu sudah pernah dipakai.

“Materai ini kategori bener atau materai asli. Tapi materai ini sudah pernah dipakai. Sementara untuk menghilangkan tanda yang sudah terpakai, materai diberi cairan azeton. Lalu materai bekas dijual lagi oleh tersangka, Setelah materai kelihatan baru, kemudian oleh tersangka dijual dengan harga di bawah harga standar yakni Rp 3 ribu. Tetapi sekali lagi, ini materai bekas pakai,” ungkap Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan.

Berdasarkan penyelidikan petugas, diketahui bahwa , tersangka sudah beroperasi selama dua tahun. Ini ada hubungannya dengan pemalsu materai di daerah Gresik. Materai bekas pakai ini dijual di Kepanjen dan luar kota dan menurut keterangan tersangka dia bekerja sendiri. Namun demikian, polisi masih mendalami lagi apakah ada orang lain yang terlibat.

Sementara itu tersangka Ahmad Fauzi mengakui semua perbuatan yang dilakukannya itu. Dia mengaku mendapatkan materai bekas dari sejumlah pengepul barang bekas di Malang seharga Rp 1.500. Setelah materai bekas dibersihkan menggunakan cairan azeton, Ahmad Fauzi menjual materai bekas pakai itu dengan harga Rp 3 ribu per materai, ia biasa menjualnya di tempat-tempat parkir, kini Atas perbuatanya, tersangka dijerat pasal 260 KUHP tentang menghilangkan cap tanda materai yang sah dan menggunakannya kembali dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. @Canam