Perawat RS NHS Pelaku Pelecehan Seksual Akan Cabut BAP

Surabaya, BeritaTKP.Com – Pencabutan berita acara pemeriksaan (BAP) yang dilakukan di Polrestabes Surabaya akan dilakukan oleh Mantan perawat Rumah Sakit NHS (National Hospital Surabaya) yang ditetapkan menjadi tersangka dugaan pelecehan terhadap pasiennya.

Dalam hal ini selain mencabut BAP, pelaku juga akan mengubah pernyataan BAP tersebt dimana yang mulanya tersangka mengakui melakukan pelecehan menjadi bahwa apa yang dilakukan hanya melepas sadapan EKG sesuai SOP dan tidak semata mata karena terangsang.

Hal ini di tegaskan oleh H Moh Ma’ruf Syah SH selaku kuasa hukum perawat JA, ). “Kami bersama Forum STOVIA Joglo Semar (Forum dokter), keluarga perawat JA, pengacara hukum dan PPNI menghadap Kapolda Jawa Timur untuk menyampaikan itu,” ujarnya.

Selain itu kuasa hukum tersangka juga menegaskan bahwa pihaknya juga meminta agar proses penyidikan dilaksanakan sesuai dengan standar operasional yang benar. Yakni tersangka didampingi oleh kuasa hukum, dan barang bukti adalah yang sahih sudah dilakukan uji digital forensik.

Sementara itu, Berdasarkan hasil audit internal MKEK (Majlis Kehormatan Etik Keperawatan) Jatim, lanjutnya, memutuskan bahwa yang bersangkutan tidak melanggar kode etik keperawatan, “Dalam gelar perkara, kami juga minta didampingi Kompolnas, yang bersangkutan juga sudah mengerjakan sesuai standar operating prosedur atau SOP,” ujar Ma’ruf.

Ia juga menegaskan bahwa pihaknya akan meminta PERSI dan Kementrian Kesehatan mengaudit NHS dan memberikan literasi tentang Undang Undang Perumasakitan. Bahwa kewajiban RS jika terjadi delik medik RS memberikan batuan hukum kepada tenaga medis dan tenaga kesehatan serta melakukan audit medis yang benar terlebih dahulu. @lutf