Polisi Lumpuhkan Otak Pencurian Truk

0
141

Gresik, BeritaTKP.Com – Dari 12 pelaku, 9 di antaranya sudah tertangkap dalam kasus Pencurian truk milik pengusaha kayu ternama di Pelabuhan Gresik, Kelima pelaku yang sudah diamankan itu masing-masing  Edi (32) dan Fadlan (57) keduanya warga Jalan Sememi Jaya Selatan, Kelurahan Sememi, Kecamatan Benowo Surabaya. Nanang Fiurqon (41) warga Kelurahan Babat Jerawat, Kecamatan Pakal, Surabaya, Angga (25) warga Desa Parengan, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto serta Moh Ali (37) warga Desa Glanggang, Duduksampeyan, Sementara tiga lainnya masuk daftar pencarian orang (DPO).

Seluruh pelaku saat ini ditahan di Mapolres Gresik untuk pengembangan penyidikan, Masing-masing pelaku mempunyai peranan, Edi yang merupakan otak komplotan menyuruh Moh Ali, Nanang Furqon, serta Angga mengeluarkan truk curian Nissan Euroo nopol W 9545 UG.

Truk tersebut dikeluarkan dari kawasan Pelabuhan Gresik untuk dilarikan ke Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, Setiba di Tuban, Edi meminta Ali untuk menyamarkan identitas truk dengan cara diberi stiker warna.

Dalam hal ini Pelaku cukup terampil dalam menyamarkan identitas truk. Anggota sempat mengalami kesulitan karena bak truk sudah di lepas dari bodi. Selain itu, kepala truk bemper hingga nomor lambung pada pintu kabin ditutup stiker warna kuning, Setelah truk body truk berhasil dikaburkan, Edi membawa truk ke Singosari, Malang.

Di Malang Edi, meminta Ali Furqon memotong bagian-bagian truk. Truk yang sudah dikanibal lantas dijual ke penadah berinisial WW warga Sampang Madura dengan harga Rp 100 juta, dan selanjutnya Uang hasil pencurian truk selanjutnya dibagi-bagi. Otak pencurian ini mendapatkan jatah Rp 15 juta dari aksinya.

Sementara itu dalam hal ini Kanit Pidum Satreskrim Polres Gresik, Ipda Moch Daud menjelaskan kelima pelaku yang ditangkap merupakan hasil pengembangan. Mereka, kata Daud, ditangkap sejak akhir Januari lalu di Margomulyo Surabaya dan Krian, Sidoarjo.

Dan Penangkapan terhadap otak pelaku Edi, berdasarkan pengembangan empat pelaku yang ditangkap duluan. Edi ditangjap di rumahnya di Desa Tebon, Kecamatan Caruban, Kabupaten Madiun. Saat ditangkap, pelaku berusaha melarikan diri dengan cara melompat jendela rumah dan Dari tangan para pelaku, polisi mengamankan barang bukti berupa peralatan las, ATM bank Mandiri, 1 unit truk Fuso nopol L 8751 US yang digunakan untuk mengangkut onderdil curian. @red