Pemkot Surabaya Gelar Sosialisasi Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah kota Surabaya tahun 2018

Surabaya, BeritaTKP.Com – Pemerintah Kota Surabaya berkomitmen dalam perkembangan dan pemutakhiran data profil kelurahan. Melalui Bagian Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah kota Surabaya, Pemerintah Kota Surabaya menggelar Sosialisasi Evaluasi Perkembangan Kelurahan dan Pemutakhiran Data Profil Kelurahan di Kota Surabaya tahun 2018.

Bertempat di Graha Sawunggaling, Gedung Pemerintah Kota Surabaya lantai 6, Jumat (9/2), acara tersebut mengundang seluruh camat, lurah dan Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya.

Dalam sosialisasi tersebut hadir dua narasumber berbagi materi seputar perkembangan kelurahan dan pemutakhiran data profil kelurahan. Antara lain Damien dan Novi Hendra Wirawan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan Provinsi Jawa Timur.

Eddy Christijanto, Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah kota Surabaya dalam sambutannya mengatakan, nantinya data profil kelurahan akan diakumulasi menjadi data profil kota. Eddy menghimbau para camat untuk mendukung pengumpulan data profil kelurahan.

Masih menurut Eddy, ada beberapa indikator perkembangan kelurahan yang nantinya diukur dalam evaluasi perkembangan kelurahan yakni ekonomi masyarakat, pendidikan masyarakat, kesehatan masyarakat, keamanan dan ketertiban, kedaulatan politik masyarakat, dan peran serta masyarakat dalam pembangunan.

Lebih lanjut Eddy menjelaskan Jadwal Pelaksanaan Evaluasi Perkembangan Kelurahan Tahun 2018. Menurutnya, pada bulan Februari ini dilakukan pembentukan tim penilai tingkat kecamatan, penilaian tingkat kecamatan, penetapan juara tingkat kecamatan, dan paparan 31 lurah juara tingkat kecamatan.

Usai sambutan dilakukan pemaparan materi dari dua narasumber. Damien memaparkan materi bertajuk Pedoman dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Evaluasi Perkembangan Kelurahan. Sedangkan Novi Hendra Wirawan memaparkan materi Pedoman Pemutakhiran Data Profil Kelurahan. @hum/NurA