Melalui Gala Siswa SMP 2018 Membentuk Generasi Cinta Prestasi Akademi, Olahraga dan Berbudi Pekerti Luhur

0
257

Blitar, BeritaTKP.Com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun 2018  meluncurkan kompetisi sepak bola untuk siswa sekolah menengah pertama yaitu Gala Siswa Indonesia merupakan bagian dari Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Gala Siswa Indonesia merupakan wadah bagi siswa yang  memiliki bakat dan potensi di bidang olahraga sepak bola, khususnya jenjang SMP pada tahun ini.

Gala Siswa Indonesia akan diselenggarakan secara serentak seluruh Indonesia yang berjenjang dan berkesinambungan mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, tingkat provinsi, dan nasional. Tidak sampai di situ, para pemain berbakat dalam  Gala Siswa Indonesia itu akan dipersiapkan untuk ajang kompetisi sepak bola tingkat nasional dan internasional. Dengan bibit pesepak bola muda yang unggul, disertai dengan terjalinnya  rasa  kesatuan dan persatuan antara siswa seluruh  Indonesia. Sepak bola Indonesia akan mampu bersaing dengan tim-tim di berbagai belahan dunia yang memiliki sejarah sepakbola penuh prestasi.

Melalui kegiatan Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengelar Gala Siswa Indonesia tahun 2018, Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar mengelar Gala Siswa tingkat Kecamatan se Kabupaten Blitar. Pembukaan Gala Siswa tahun 2018 dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar Drs. BUDI KUSUMAR JOKO, M.Pd  bertempat dilapangan SMA Negeri 1 Talun pada Selasa 13/2, hadir dalam kegiatan tersebut  Ketua KONI Kabupaten Blitar Tony Andreas, Ketua PSSI Kabupaten Blitar serta seluruh Kepala Sekolah SMP se Kabupaten Blitar. Kegiatan Gala Siswa ini merupakan pembentuk karakter siswa maupun mencari bakat ataupun bibit pemain yang nantinya dapat mewakili daerah masing-masing. Semua ini menjadi ajang para pemain sebagai talenta yang dimiliki setiap pemain agar dapat menjadi pemain profesional.

Gala Siswa dibagi  4 wilayah terdiri wilayah tengah,barat,timur dan selatan, yang diikuti 49 team dimana  44 dari SMP Negeri dan 5 SMP swasta, untuk wilayah barat ada 14 team, wilayah tengah ada 13 team, Timur ada 10 team dan Selatan ada 12 team. Persyaratan peserta juga ketat dimana pemain berusia 14-15 tahun atau kelahiran tahun 2004. Data para pemain Gala Siswa harus sesuai dengan data akte kelahiran dan sudah masuk sebelum awal pertandingan.

Saat diwawancarai Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar Drs. BUDI KUSUMAR JOKO, M.Pd mengatakan berdasarkan perintah Presiden RI yang langsung dijabarkan oleh Kementerian Pendidikan untuk gala siswa ini supaya di aktifkan kembali. Agar dapat mengangkat prestasi-prestasi emas pada tahun 2018. Sehingga kejuaraan ditingkat Regional, Asean Games maupun tingkat dunia diharapkan Indonesia dapat bangkit melalui Gala Siswa pada event Sepakbola. Tidak hanya di cabang Olahraga sepakbola tetapi dicabang olah raga yang lainnya.

Dengan digelarnya Gala Siswa tahun 2018 dapat muncul bibit-bibit baru dari sekolah-sekolah dan akan dilihat oleh KONI melalui PSSI Kabupaten Blitar akan dilakukan pembinaan maupun memantau bibit-bibit baru dari Sekolah Sepak Bola ( SSB ) yang ada di Kabupaten Blitar. Sehingga dengan adanya bibit-bibit baru maupun memotifasi dan jelas jenjang kariernya,”ujarnya.

Lanjut Budi Kusumarjoko berharap dengan adanya Gala siswa dapat menampilkan sesuatu yang terbaik. Khususnya yang tidak kalah penting adalah pendidikan penanaman karakte itu sendiri. Semua ini terkait dengan Displin, gotong-royong akan muncul di ajang sepak bola ini. Juga menanamkan sportifitas  dan fair play pada Gala Siswa dan menumbuhkan karate yang positif,”ungkapnya.

Ketua KONI Kabupaten Blitar Tony Andreas saat dikonfirmasi sangat berterima kasih kepada Disdik Kabupaten Blitar dengan diadakannya Gala Siswa pada Tahun 2018, akan muncul bibit-bibit baru, baik dan bagus yang nantinya akan menjadi wakil setiap sekolah. Semua ini juga akan dipersiapkan pada pertandingan PERPROV 2019. Pada event Gala siswa KONI melalui PSSI Kabupaten Blitar untuk menjaring bibit-bibit pemain yang terbaik agar dapat diseleksi untuk dipersiapkan pada Kerjuda PERPROV 2019. KONI Kabupaten Blitar mensport kegiatan Gala Siswa 2018 yang dapat menciptakan pemain-pemain muda berprestasi dibidang olahraga,”terangnya.

Lanjut Toni mengharap kegiatan Gala Siswa diadakan setiap tahun, bukan sepakbola tetapi cabang olahraga lainnya. Dengan adanya dukungan dari setiap steakholder atau dinas terkait yang bersinergi, disini dapat menciptakan para atlit yang berprestasi demi mengharumkan nama daerah sendiri dan bangsa,”ungkapnya. (fm)