Barang Bukti Sabu 1,2 Kg Dimusnahkan

Sidoarjo, BeritaTKP.Com – BBNP Jawa Timur Melakukan pemusnahan barang bukti berupa sabu sabu seberat 1,2 Kg, barang bukti tersebut di dapat dari penangkapan dua tersangka penyelundupan SS, Dedi Saputra (25) dan Nasruddin (33) keduanya warga Banda Aceh di Bandara Juanda.

Pemusnahan tersebut dilaksanakan pada , Senin 19/2/2018 siang, Sabu yang disita dalam bentuk kemasan 12 paket ini dihancurkan menggunakan blender di halaman Lanudal Juanda, Sidoarjo dan Usai dihancurkan, SS tersebut lantas ditaruh dalam bak dan dibuang ke septic tank setempat.

Lanudal Juanda Kolonel Laut (P) Bayu Alisyahbana mengungkapkan bahwa pemusnahan yang dilakukan tersebut sebagai bentuk komitmen pihaknya bersama instansi terkait seperti Polresta Sidoarjo, BNNK Sidoarjo, Bea dan Cukai, serta Avian Security Bandara Juanda untuk perang terhadap narkoba. Penghancuran SS yang diketahui berasal dari Tiongkok ini dibuang dengan cara yang aman agar tidak disalahgunakan.

Ia juga menambahkan bahwa pemusnahan dengan cara membakar harus menggunakan insinerator khusus, sehingga asap pembakaran tidak berbahaya. Selama ini barang bukti yang berhasil disita diserahkan ke BNNP Jatim. Selanjutnya, pihak BNNP Jatim yang akan memusnahkannya, “Kami pilih menghancurkan dengan blender karena lebih aman. Kalau dibakar biasa berbahaya akan ada efek bagi yang menghirupnya,” tuturnya.

kali ini sebagai wujud komitmen bersama memberantas narkoba di wilayah Bandara Juanda pihaknya melakukan pemusnahan ini. “Ini bukan yang terakhir, kami akan terus gagalkan penyelundupan SS melalui bandara Juanda. Ini butuh kerja sama semua pihak dan seluruh elemen,” imbuhnya.

Disisi lain, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Himawan Bayu Aji mengatakan, penyidikan kasus SS ini sudah selesai tahap pertama. Sekarang berkas sudah diserahkan ke kejaksaan untuk proses tahap kedua. Dengan begitu, barang bukti yang disita boleh dihancurkan dengan syarat ada berita acara pemusnahan yyang diikuti oleh seluruh pihak yang terkait.
“Tahap pertama penyidikan sudah selesai dan sekarang sudah tahap dua,” terangnya.

Dalam hal ini Penyidikan kasus ini juga mengungkap beberapa fakta serta jaringan pengiriman SS yang melibatkan dua tersangka ini. Pihaknya sendiri sudah mencatat beberapa nama yang kemungkinan terlibat dan masuk dalam jaringan peredaran narkoba tersebut, “Kami sudah serahkan nama-namanyake BNNK Sidoarjo dan BNNP Jatim untuk diselidiki lebih lanjut,” tambahnya.

Sebelum barang bukti sabu tersebut dimusnahkan, barang bukti tersebut diperiksa terlebih dulu oleh Subbid Narkoba Forensik Labfor Cabang Surabaya, Mereka memeriksa satu per satu paket yang sudah disiapkan untuk dihancurkan dan Setelah dipastikan dengan reaksi kimia dan dinyatakan bahwa benda tersebut benar SS, pemusnahan baru dimulai. @red