Jelang Pilgub, Polisi Lakukan Simulasikan Pengamanan

Sidoarjo, BeritaTKP.Com – Simulasi pengamanan ini diperagakan di Alun-Alun Sidoarjo dilakukan oleh Polresta Sidoarjo hal inni bertujuan Keseriusan pengamanan Pemilihan Gubernur (Pilgub), Simulasi ini diperagakan dihadapan Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sidoarjo, dan seluruh instansi terkait serta ketua partai politik (parpol).

Dalam simulasi, diperagakan penanganan jika kemungkinan ada situasi chaos. Ketua KPUD Sidoarjo Zainal Abidin menilai simulasi tersebut sangat baik. Ini membuatnya sebagai penyelenggara pilgub nanti merasa aman dalam melaksanakan kegiatannya. Antisipasi yang dilakukan sudah luar biasa. “Luar biasa, dan tinggal bagaimana nanti mengimplementasikannya di lapangan saat penyelenggaraan,” ujarnya.

Sementara itu Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Himawan Bayu Aji mengatakan, untuk pengamanan pilgub dimulai dari tahapan kampanye hingga tahap pengumpulan surat suara dan pelantikan gubernur. Simulasi ini ditujukan untuk menunjukkan sejauh mana kesiapan pihak kepolisian dalam menangani berbagai masalah pengamanan yang kemungkinan akan timbul, “Kami siapkan 1.050 personel polisi dibantu 300 personel TNI, dan 500 personel dari Satpol PP Sidoarjo,” ungkapnya.

Ia juga mengujarkan bahwa untuk saat ini kondisi keamanan jelang pemilihan gubernur di Sidoarjo aman dan kondusif. Meski begitu, pihaknya tetap mengantisipasi dengan cara sharing informasi dengan semua pihak yang terlibat dalam Pilgub nanti. Namun ia menegaskan seluruh anggotanya sudah siap melakukan pengamanan setelah simulasi yang dilakukan tersebut.

Terpisah, Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin optimistis jika penyelanggaraan pilgub di Sidoarjo akan berjalan lancar. Ini melihat dari beberapa event politik yang sebelumnya dilaksanakan bisa berjalan dengan baik. Selain itu, kedewasaan masyarakat Sidoarjo dalam menyikapi pemilihan tersebut juga menjadi salah satu kunci suksesnya penyelenggaraan Pilgub. “Meski begitu kami harap semua tetap siaga. Dari simulasi tersebut bisa dilihat bahwa Sidoarjo siap melakukan pengamanan dalam kondisi apapun,” ujarnya. @red

Download Apps BeritaTKP di Hp Anda