Dukung Angkutan Masal, Suroboyo Bus Diuji Coba

0
139

Surabaya,BeritaTKP.Com – Uji coba terhadap “Suroboyo Bus” dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya untuk memastikan kesiapan bus yang rencananya beroperasi pada Maret nanti, , uji coba yang dilakukan terhadap Suroboyo Bus tersebut diharapkan bisa menjadi solusi untuk kebutuhan angkutan massal. Dalam uji coba yang dilaksanakan pada Minggu (25/2) malam tersebut tidak ada kendala terekait masalah teknis.

Kepala Dishub Surabaya Irvan Wahyu Drajat mengujarkan bahwa delapan Suroboyo Bus yang ada saat ini sudah siap menampung penumpang. Nantinya, salah satu prioritas pengangkutan penumpang yakni di Terminal Joyoboyo dan sejumlah halte yang representative dengan model dari Suroboyo Bus.

 “Terkait jalur yang nantinya dilewati masih kita koordinasikan lebih lanjut, untuk masalah jalur Biar tidak ada kendala dan berbenturan dengan angkutan lainnya kita akan pilih jalur yang sesuai,” ujarnya.

Dalam hal ini Total kapasitas penumpang Suroboyo Bus adalah 67 orang. Rinciannya, 41 tempat duduk dan 26 area standing . Bus senilai Rp 2,4 miliar per unit tersebut juga dilengkapi dengan  handle  untuk pegangan penumpang. Bus ini dilengkapi 9 CCTV di setiap sudut pada bagian dalam bus dan 3 kamera pada bagian luar.

Meski nanti beroperasi di jalur protokol, hendaknya Kendaraan yang didesain low entry tersebut ada aturan tertentu yang nantinya tidak membuat angkutan yang sudah jalan mati suri. Hal itu sebagai solusi agar angkutan yang ada di Surabaya bisa maksimal digunakan.

Ketua DPRD Surabaya Armuji mengatakan, pengoperasionalan Suroboyo Bus harus diperhatikan lebih lanjut. Kendaraan yang dibeli menggunakan anggaran APBD tersebut hendaknya tidak mematikan angkutan lainnya yang saat ini sudah beroperasi. “Kasihan jika angkutan lainnya tidak bayaran. Karena itu harus jelas jalurnya,” ucapnya. @red