Limbah Di Desa Karangandong Mulai Diperiksa DLH

Gresik, BeritaTKP.Com – Persoalan pembuangan limbah yang dilakukan sembarangan mulai di proses Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gresik, dalam hal ini petugas DLH mendatangi area pembuangan limbah di Desa Karangandong, Kecamatan Driyorejo.

Bahtiar Gunawan selaku Kepala Bidang Pengendalian dan Pencemaran Lingkungan DLH Gresik  mengungkapkan bahwa limbah yang dibuang tidak mengandung bahan berhaya dan beracun (B3). Meski demikian, pihaknya tetap mempersoalkan cara perusahaan membuang limbah hasil produksi dengan sembarangan.

Dijelaskan, limbah tersebut dari bahan kapas. Produksinya dari perusahaan pembuat benang. Dampak bahaya yang diberikan pada lingkungan, potensi debunya sangat tinggi. “Kalau musim panas, debunya sangat mungkin mengganggu dan itu membahayakan warga yang melintas. Apalagi limbah dibuang bebas,” jelasnya.

Dugaan sementara pabrik pembuang limbah adalah PT Panji Mas. DLH sendiri bakal berkoordinasi dengan Polres Gresik terkait mekanisme pemeriksaan selanjutnya. Sebab, menurutnya membuang sembarangan hasil produksi tetap tidak dibenarkan. “Tiga hari akan kami panggil, untuk dimintai keterangan,” tuturnya.

Menurutnya, limbah hasil produksi mestinya dikelola dengan baik. Ada tempat pembuangan sendiri. Namun yang terjadi limbah dibuang sembarangan di lahan bebas samping jalan raya. “Tidak boleh, walaupun tidak mengandung B3, tetap harus dikelola kembali. Ini juga masuk pencemaran lingkungan,” pungkasnya. @red