Polresta Sidoarjo Lakukan Pemusnahan Pil PCC

0
86

Sidoarjo, BeritaTKP.Com – Sebanyak 5,3 juta pil Paracethamol, Calisoprodol, dan Cafein (PCC), Somadril, dan Dextro hasil penggerebekan di sebuah rumah di Desa Sawocangkring, Wonoayu beberapa waktu lalu dimusnahkan oleh Polresta Sidoarjo.

Dalam pemusnahan ini barang bukti tersebut tidak dimusnahkan seperti pada umumnya yakni pil diremukan dengan cara digerus dengan blender atau diremukkan dengan dilindas bulldozer melainkan dihancurkan dengan mesin molen atau pengaduk semen. Bahkan pil juga dicampur pasir dan semen.

Pil ke dalam mesin tersebut, kemudian dicampuri dengan semen dan pasir. Menurutnya, hal ini dilakukan agar barang bukti yang sudah dimusnahkan itu tidak bisa dikonsumsi lagi masyarakat, Sebelum dimusnahkan, pil tersebut diperiksa terlebih dulu oleh pihak Labfor Polda Jatim. Setiap sample pil tersebut diuji. Saat diuji baru diketahui jika banyak pil PCC dalam jutaan pil tersebut. Selanjutnya penandatangan berita acara dilakukan setiap perwakilan mulai dari Kejaksaan Negeri Sidoarjo, Polresta Sidoarjo, tersangka dan juga kuasa hukum tersangka.

Dalam hal ini Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Himawan Bayu Aji menjelaskan bahwa Pil tersebut sudah diuji dan benar jika itu memang barang bukti yang sudah di sita bulan Januari lalu pihaknya lakukan agar percaya jika yang dimusnahkan ini adalah barang bukti yang pihaknya amankan bukan abal-abal, selain itu pemusnahan ini sebagai salah satu bentuk komitmen Polresta Sidoarjo memberantas peredaran narkoba dan obat-obatan terlarang di Sidoarjo. Pemusnahan tersebut tidak hanya dilakukan secara simbolik, namun di halaman belakang Polsek Wonoayu, anggota polsek setempat juga menghancurkan pil-pil ini secara serentak.

Sementara itu untuk penanganan kasus tersebut berkasnya sudah masuk ke Kejari Sidoarjo. Pihaknya masih menunggu P21 untuk kasus ini.”Berkas sudah  dikirim ke kejaksaan kami masih tunggu berkas P21 semoga segera selesai dalam waktu dekat ini,” pungkasnya. @nggit