Bu Kades, Di Duga Tilep Dana Kopwan Desa Jampes

Nganjuk, BeritaTKP.Com –  Koperasi Wanita (KOPWAN) Arta Mandiri di Desa Jampes Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk sejak tahun 2009 mendapat kucuran dana hibah propinsi sebesar 25 juta dan modal awal 28 juta, yang diharapkan untuk memenuhi kesejahteraan warga desa tetapi tidak jelas kemana tujuannya.

Dari hasil olah TKP pada warga dan istri perangkat desa tidak mengetahui kemana dana Kopwan saat ini. Mereka berharap kalau dana Kopwan benar di berikan untuk warga khusus perempuan desa Jampes bisa di jadikan modal usaha keluarganya. Hasil konfirmasi dari Dinas PRINDAKOP, Kopwan Desa Jampes terakhir RAT (Rapat Anggota Tahunan) tahun 2014 dengan anggota 93 orang dan Bu Kades sudah kami tegur tapi sampai saat ini tidak ada tindak lanjut. Kalaupun itu berjalan sampai saat ini pasti dana tersebut sudah besar dan bisa di nikmati serta mensejahterakan anggota dan warga desa tersebut.

Informasi yang di dapat dari Bu Kades, Kopwan Desa Jampes sudah bubar dan saya laporkan ke Dinas Nganjuk sejak bulan Mei 2017 karena macet di pinjam anggota karena tidak bayar tapi Bu Kades tidak mau menunjukan data anggota yang tidak bisa bayar.  Berkas sudah lengkap dan saya berikan ke Pak Bambang. Klarifikasi via telphone Bapak Supeno sebagai Kepala Koperasi menjelaskan Kopwan Arta Mandiri Desa Jampes belum ada usulan pembubaran.

Menurut staf dari Dinas terkait Kopwan tidak bisa di bubarkan karena sudah berbadan hukum kalaupun itu terpaksa harus ada laporan RAT luar biasa atau bencana alam. Kopwan Desa Jampes harus di usut tuntas kemana dan siapa pengguna dana tersebut sehingga di kemudian hari warga desa Jampes khususnya perempuan bisa sejahtera serta menikmati dari hasil usaha mereka.

Untuk penyimpangan dana Kopwan bisa di tuntut secara hukum bila mana anggota mengajukan laporan kepada aparat hukum menurut informasi dari Dinas PRINDAKOP. (Hary)