Polisi Tangkap Otak Pelaku Perampasan Remaja Setelah Buron Setahun

0
130

Surabaya, BeritaTKP.Com – Menjadi buron setelah terlibat belasan aksi perampasan Juni Bagus Pranomo pemuda 22 kini berhasil di tangkap dan di amankan, pemuda yang tinggal di Jalan Dukuh Kupang Utara nomor 52 Surabaya tersebut ditangkap oleh Tim Anti Bandit Polsek Tegalsari, Selasa (6/3) malam sekitar pukul 22.00. Dia ditangkap saat bersembunyi di lantai dua rumahnya.

Penangkapan itu, dipimpin Kanit Reskrim, Iptu Zainul Abidin. Juni diburu dan menjadi target operasi polisi setelah 5 anggota kelompoknya ditangkap terlebih dahulu, dalam hal ini Tersangka Juni ini kebetulan adalah otak pelaku perampasan. Anggotanya lima orang yang semuanya remaja.

Perburuan terhadap Juni sudah dilakukan sejak Aprol 2017. Pihaknya sudah memburu pengangguran tersebut ke berbagai kota, termasuk terakhir di Lumajang. Tapi Juni ini cukup licin. Sebab dia selalu  berpindah-pindah tempat dalam waktu yang singkat.

Setelah dipantau, akhirnya polisi mendapatkan petunjuk. Pada Selasa (6/3), Juni diketahui pulang. Tak menunggu lama, polisi pun segera menjemputnya. Dia pulang lantaran kehabisa bekal pelarian, Juni merupakan salah satu kepala kelompok bandit remaja berkode Joker. Kata Joker itu digunakan sebagai tanda mereka akan beraksi. Setelah anggotanya dikode Joker, maka mereka akan segera merapat dan berkumpul di sebuah tempat. Setelah itu, mereka akan beraksi.

Dalam melakukan aksinya pelaku Sasarannya beragam, HP, tas dan juga sepeda motor. Namun selama ini, mereka belum berhasil merampas motor dan Selama ini, Juni lah yang selama ini mengakomodir aksi kelompoknya. Anggota Juni berjumlah 5 remaja, salah satunya bahkan anak-anak. Tapi, 5 anggotanya itu sudah tertangkap lebih dahulu pada 21 April 2017 lalu.

Anggota Juni yang tertangkap terlebih dahulu itu antara lain, YL,16, M Sholeh alias Mamat,19, keduanya warga Jalan Dukuh Kupang Barat Gang Langgar, Surabaya.Sedangkan tiga lainnya yaitu Aldy Prasetya Putra,21, Rianto,21, dan Risky Syaiful Anwar,20. Ketiganya tinggal satu kampung di Jalan Dukuh Kupang Gang Lebar. Peran mereka bermacam-macam, ada yang jadi eksekutor, pengipas ada pula yang menentukan target.

Sementara itu menurut Dari catatan Polsek Tegalsari, kelompok bandit remaja berkode joker ini sudah beraksi belasan kali di beberapa wilayah di Surabaya. Di antaranya Tegalsari, Sukomanunggal, Gunungsari, Benowo bahkan Lakarsantri. @haryanto