BMKG Dan PLN Kerjasama Pasang AWS Wilayah Jawa Bali

Dari kanan ke kiri: Kepala Bidang Observasi I Nyoman Gede Wiryajaya, Kepala BMKG Wilayah III Denpasar Drs. M. Taufik Gunawan, Dipl, SEIS, Kepala Stasiun Meteorologi Juanda Surabaya Mohammad Nurhuda, ST., perwakilan dari PLN

Denpasar, BeritaTKP.Com – BMKG wilayah III Denpasar membawai Jawa – Bali menggalang kerjasama dengan PLN pusat jakarta, program pemasangan AWS {Alarm Warning Sistem } di wilayah Jawa Bali Tim Survei di pimpin langsung Kepala Balai BMKG WILAYAH III Denpasar Drs. M.Toufik Gunawan, Dipl., SEIS., didampingi Kasmed BMKG Juanda Mohammad Nur Huda, ST. serta Kabid Ovservasi I Nyoman Wiryajaya, MP. melakukan survei untuk pemasangan AWS di Jawa Timur.Sekitar 10 titik AWS akan di pasang di Gardu Induk PLN yang ada di Jawa Timur Survei dilakukan mencari lokasi yang Ideal untuk pemasangan Intalasi AWS.

Perlu di ketahui BMKG wilayah III Denpasar membawai wilayah Bali, Jawa, NTB, secara keseluruhan BMKG wilayah III Denpasar akan memasang 40 lokasi AWS  dengan tujuan untuk mendeteksi cuaca Ekstrim yang ada di wilayah Bali, Jawa Timur, NTB untuk Jateng, Jabar  masuk BMKG wilayah II.karena program tersebut di wilayah PLN Jawa Bali secara tehnis Dua Institusi BMKG dan PLN bisa memantau dan melihat langsung setiap pergerakan cuaca baik Angin, Suhu udara, Curah Hujan serta Badai Gelombang secara keseluruhan.

Dengan menerapkan tehnologi AWS  semua pergerakan cuaca di wilayah Bali-Jawa bisa di monitor bersama BMKG dan PLN. Kepala Balai BMKG wlayah III Denpasar M.Toufik Gunawan kettika di klarifikasi melalui Hp selulernya mengatakan,’’  ini masih dalam tahap survey wilayah Bali – Jawa timur setelah menemukan lokasi yang ideal untuk pemasangan Intalasi AWS, maka progresnya dalam waktu dekat pemasangan, setelah pemasangan selesai tahap berikutnya akan di lakukan Flow Overed setelah sel;esai semuanya, data bisa di analisis oleh Stasiun BMKG Juanda serta PLN wwilaya Jawa Bali,’’ jelas Toufik.

Masih kata Toufik semakin banyak di pasang AWS makin baik karena  bisa memeperbanyak jaringan data yang masuk bisa di pantau, BMKG sendiri sudah mempunyai alat jaringan tersendiri di seluruh Indonesia,  namun ini bentuk kerjasama antar Institusi BMKG dengan PLN agar jaringan semakin banyak juga semakin luas  bisa di ketahui, agar informasi data lebih akurat lagi dengan pemasangan AWS tersebut dari BMKG baik Balai Besar maupun Stasiun juga bisa memantau data pergerakan cuaca,’’ungkap Taufik.@Nur A.