Pria Pembawa “Oleh-oleh” Diamankan Polsek Gilimanuk

Petugas anggota Reskrim Polsek Gilimanuk amankan barang bukti

Gilimanuk Bali, BeritaTKP.com – Jelang peringatan hari Nyepi 2018 di Bali, AKP I Komang Muliyadi ,SH selaku kanit reskrim berserta anggota Polsek Gilimanuk yang berada dikawasan Pelabuhan Gilimanuk melakukan kegiatan operasi cipta kondisi (Cipkon).

Disekitar pelabuhan Gilimanuk Rabu, 13/03/2018 berkisar pukul 06.30 WITA anggota Polsek Gilimanuk melakukan tindakan menahan dan memeriksa seorang laki-laki berinisial IDP (25) berdomisili di Desa Semanggi RT/RW 004/009 Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta yang didapati membawa 1 dos berisikan 12 botol 1500 ml minuman keras jenis arak merk Ciu dengan jumlah keseluruhan 18 liter yang diangkut dalam bagasi bus angkutan umum PO Tami Jaya No.Pol AB 7122 AS dengan trayek Jogja – Denpasar melalui pelabuhan Gilimanuk.

Saat melakukan pemeriksaan Polisi menemukan minuman keras 18 liter jenis arak merk Ciu siap edar yang dikemas dalam 12 botol air mineral 1500 ml tanpa disertai dokumen yang terangkut oleh armada bus.

“Dengan ditemukannya 18 liter miras jenis arak, Polsek Gilimanuk langsung mengamankan barang bukti untuk penyidikan lebih lanjut. Kami sudah simpan miras jenis arak tersebut di Polsek Gilimanuk, ujar Kompol I Nyoman Subawa selaku Kapolsek Kawasan Laut Gilimanuk.

Lanjut Kapolsek Gilimanuk, bahwa penangkapan bermula saat kendaraan yang turun dari kapal Ferry yang berlayar dari pelabuhan Ketapang Banyuwangi dan membawa bus PO Tami Jaya di bus tersebut dicurigai mengangkut minuman keras, saat itu jajaran Polsek Gilimanuk melakukan pemeriksaan. Polsek Gilimanuk menemukan beberapa dos air mineral dalam jumlah banyak dan dari bentuk dos tersebut dicurigai berisi miras.

“Armada Bus yang kita periksa tujuan Solo – Denpasar PO Tami Jaya terdeteksi didapati membawa miras jenis arak sejumlah 18 liter dalam bagasinya. Tujuan miras tersebut adalah dibawa untuk dikirim ke kabupaten Denpasar, ujarnya.

Kapolsek Gilimanuk mengatakan, “dalam rangka mengantisipasi beredarnya minuman keras (miras) Polsek Gilimanuk melakukan giat ops cipkon disekitar pelabuhan Gilimanuk (pos pemeriksaan polisi pintu masuk Bali melalui pelabuhan Gilimanuk Lingk. Jineng Agung, Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana) yang mana telah melakukan pemeriksaan surat dan barang bawaan kendaraan bus Tami Jaya dengan No.Pol AB 7122 AS yang dikemudikan oleh Slamet (48) asal Desa Tlahab Lor RT/RW 001/005 Kecamatan Karang Reja Kabupaten Purbalingga.

Dari hasil pemeriksaan, Miras jenis arak merk Ciu tersebut ditemukan didalam bagasi bawah sebelah kiri bus PO Tami Jaya. Dalam giat ops cipkon menjelang peringatan Hari Raya Nyepi di Bali petugas Polsek Gilimanuk mencurigai 1 buah kardus aqua besar karena mengeluarkan bau yang sangat menyengat menyerupai miras pada umumnya.

Setelah dilakukan pengecekan oleh petugas Polsek Gilimanuk, petugas menemukan 12 botol arak merk Ciu yang diperoleh keterangan dari IDP, arak tersebut sengaja dibawa dari Solo dengan tujuan Ubud Gianyar guba diberikan kepada saudara iparnya sebagai oleh-oleh.

Oleh Polsek Gilimanuk dilakukan penyitaan terhadap 12 botol miras jenis Arak merk Ciu (permentasi tape singkong), Sementara itu sopir bus PO Tami Jaya saat diminta keterangan menjelaskan bahwa miras jenis arak merk Ciu tersebut milik dari salah penumpangnya.

Pelaku tersebut akan dikenakan Pasal 142 UU RI no. 18 / 2012 tentang pangan. Pasal 106 Jo 197 UU RI no. 36/2009 tentang kesehatan, pasal 8 ayat huruf a Jo pak 62 ayat 1 UU RI no 8 /1999 tentang Perlindungan konsumen.         (Red)

Download Apps BeritaTKP di Hp Anda