TPKPM Dapat Masukan Dari Akademisi Untuk Tingkatkan Pelayanan Publik

0
94

Surabaya, BeritaTKP.Com – Sebagai upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Surabaya menggelar pertemuan Tim Pelayanan Keluhan/Pengaduan Masyarakat (TPKPM). Pertemuan tersebut digelar di Ruang ATCS, Kamis (22/3). Pertemuan yang rutin digelar tersebut sebagai evaluasi dan koordinasi antara Media Center Pemerintah Kota Surabaya dan TPKPM.

Cahyo Utomo, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika kota Surabaya dalam sambutannya mengatakan, pertemuan TPKPM digelar dalam rangka pembinaan monitoring dan evaluasi kepada anggota TPKPM di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya. Menurutnya, dalam pertemuan kali ini Dinkominfo menghadirkan akademisi yang telah melakukan assessment kebutuhan masyarakat.

Sekretaris Dinkominfo melanjutkan, OPD yang ditampilkan terbagi menjadi empat kelompok. Yakni administrasi, sarana prasarana, public service, keamanan dan ketertiban. Cahyo berharap OPD mengetahui kualitas pelayanan dan kebutuhan masyarakat. Customer kita adalah masyarakat Surabaya, maka dari itu kita harus tahu apa yang dibutuhkan masyarakat.

Sementara itu Nurul Ratnasari, Dosen Departemen Komunikasi Universitas Airlangga memaparkan materi Analisa Kepuasan Masyarakat Terhadap Program Peningkatan Pemanfaatan Teknologi Komunikasi dan Informasi dan Pelayanan Pengaduan Media Center.

Dari riset yang timnya lakukan ditemukan beberapa kesimpulan antara lain service encounter atau moment of truth menjadi sangat penting karena memunculkan harapan yang dipersepsikan dan realitas yang dirasakan terhadap layanan infomasi dan komunikasi, yang berujung pada hasil rasa puas atau ketidakpuasan masyarakat. Eksistensi Dinas Kominfo adalah pada komunikasi dan informasi. Maka, sense of credibility, confidence, and reassurance menjadi penting dalam pelayanan yang berbasis kecepatan, ketepatan dan keakuratan.

Nurul menambahkan, tipe masyarakat dalam menyikapi layanan pengaduan, antara lain: do nothing dan take action. Sikap do nothing: switch providers dan stay with provider. Sikap take action: complain to provider, complain to family and friends, complain to third party. @hum/yant