Kota Surabaya Raih Penghargaan OpenGov Recognition of Excellence 2018

Surabaya, BeritaTKP.Com – Prestasi membanggakan kembali diraih oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Inovasi yang dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam membangun dan mengembangkan Kota Pahlawan mendapat pengakuan dari OpenGov Asia dengan menganugerahkan penghargaan Recognition of Excellence 2018. Penghargaan tersebut diserahkan dan diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Surabaya, Hendro Gunawan, dalam acara Indonesia OpenGov Leadership Forum yang ketiga kalinya, Kamis (22/3) di Hotel Le Meridien Jakarta.

Kota yang bisa menemukan cara baru untuk bisa berinteraksi dengan masyarakat, memudahkan dan meningkatkan sistem pemerintahannya, mampu memberdayakan masyarakat, serta terus menerus menggali potensi dari teknologi terbaru untuk menghadapi tantangan dari integrasi dan pembaruan sistem, dipandang berhak untuk menerima penghargaan ini. OpenGov Recognition of Excellence ini sendiri bertujuan untuk membuat taraf atau standar baru di wilayah ASEAN dan Australia New Zealand.

Kota Surabaya dinilai telah secara baik menggunakan TIK dalam sistem pemerintahannya dan juga bekerja secara konsisten di balik layar untuk membentuk pemerintahan yang cerdas, cekatan, efisien, dan transparan.

Penggunaan teknologi yang  inovatif dan bagus dalam hal pelayanan publik, mampu memaksimalkan sumber daya pemerintahan yang ada, memberikan pelayanan publik yang terpusat serta menciptakan inovasi dan terobosan baru. Selain itu, keunggulan dalam hal strategi, kebijakan, dan inisiatif untuk kota yang lebih cerdas, aman, dan berkelanjutan juga menjadi penilaian tersendiri bagi Kota Surabaya. @hum/harynt