Polsek Genteng Ciduk Maling HP di Kantor Dispenduk

0
135

Surabaya, BeritaTKP.Com – Anggota polsek genting berhasil menangkap pencuri hp milik Aprilia Susanti (25) warga Jalan Gresik PPI I yang tak lain adalah pengawai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Surabaya.

Petugas menangkap Haryono (43) warga Wonorejo Surabaya dijebloskan ke jeruji Polsek Genteng. Pasalnya pria 43 tahun ini telah melakukan aksi pencurian dengan modus berpura-pura mengajukan permohonan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Meskipun dalam aksi berjalan mulus, Haryono, lupa kalau pencurian yang telah dilakukan itu telah terekam CCTV yang terpasang di Kantor Dispenduk Capil Kota Surabaya Jalan Genteng Kali, berdasarkan CCTV serta melacak nomer HP milik korban, polisi berhasil menangkap pelaku.

Sebelum mencari sasaran atau target kedua pelaku ini berboncengan mengendarai sepeda motor, dan sebelum beraksi di kantor Dispendukcapil, mereka sempat mencari sasaran di ruko-ruko di kawasan Genteng, dalam menjalan aksi pencurian itu Haryono dibantu temannya YZ yang saat ini masih menjadi daftar pencarian orang (DPO).

Dan saat berkeliling para pelaku tak menemukan target, Haryono lantas mengajak temannya ke kantor Dispendukcapil yang juga menjadi wilayah operasinya, Kantor tersebut dipilih lantaran banyak orang yang datang ke kantor tersebut dan kebanyakan mereka fokus untuk mengurus berbagai dokumen.

Saat setelah sampai di lokasi, tersangka Haryono turun. Sedangkan temannya menunggu di luar di atas motor sembari bersiap kabur jika aksi Haryono diketahui Setelah berada di dalam kantor, Haryono mengawasi situasi untuk mencari sasaran dan setelah memperhatikan kondisi kantor, ia pun melihat HP milik korban.

HP merk Samsung tersebut dilatakkan di atas meja customer service. Setelah diamati, Haryono mendapati jika korban sibuk melayani warga lain, Kemudian tersangka ikut mengantre di depan meja pelayanan, dengan alasan ia ingin mengurus KTP. Namun saat korban lengah, ia mengambil Hp tersebut, lalu kabur meninggalkan kantor

Hingga Korban baru sadar, ketika ia mencari HPnya untuk menghubungi saudaranya. Namun HP yang diletakkan sudah raib. Kemudian setelah dicek di rekaman CCTV, terungkap jika Haryonolah yang melakukan aksi pencurian itu. Setelah itu, korban melaporkan kasus ini ke Polsek Genteng, Setelah mendapatkan laporan itu, kami melakukan olah TKP dan mendapati ciri-ciri dan identitas tersangka.

Hingga akhirnya pelaku berhasil tangkap dan diamankan namun tidak dengan rekanya yang berhasil melarikan diri, dan kepada petugas Haryono mengaku baru melakukan aksinya sekali. Dia nekat lantaran tak memiliki uang untuk biaya hidupnya, Apalagi dia tak punya pekerjaaan. Rencannya, Hp tersebut akan dijual dan uangnya dibagi dua dengan YZ. Namun belum sempat dijual ia sudah diringkus. @yanto