Awak Bus Akas IV Mila Sejahtera Peroleh Pemeriksaan Kesehatan Gratis Jasa Raharja

0
439
ATAS: Ouwner Akas IV Eddy Haryadi dan Zendy Hardanto, Dirut Akas saat foto bersama Jasa Raharja. BAWAH: Kegiatan pemeriksaan kesehatan yang diadakan jasa Raharja perwakilan Probolinggo

Probolinggo, BeritaTKP.com – PT. Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Probolinggo menggelar pemeriksaan kesehatan gratis kepada karyawan perusahaan outobus PT. Akas Mila Sejahtera dan PT Mila Sejahtera, selasa (27/3/2018).

Kegiatan ini merupakan tindakan pencegahan terhadap terjadinya kecelakaan bus penumpang umum. Selain itu, pemeriksaan kesehatan gratis ini sebagai wujud terima kasih Jasa Raharja perwakilan Probolinggo kepada kedua perusahaan yang bergerak dibidang angkutan penumpang umum tersebut atas tertibnya kewajiban pembayaran premi IWKBU (Iuran Wajib Kendaraan Bermotor Umum) yang sesuai dengan UU No. 33 tahun 1964.

Kegiatan tersebut tidak disia-siakan oleh sekitar 50 orang sopir dan kondektur serta kernet untuk memeriksakan kesehatannya mulai dari tekanan darah hingga cek gula darah.

Kepala Jasa Raharja (Persero) Perwakilan probolinggo, H. Masdar mengatakan pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat ini sendiri melibatkan satu tenaga dokter dan satu tenaga medis dari Pukesmas Wonoasih yakni dr. Khusnul Rofiq. Ia menambahkan pemeriksaan gratis ini merupakan bentuk kerjasama yang baik antara Jasa Raharja dan perusahaan outobus untuk menjaga dan mengontrol kesehatan karyawan terutama sopir dan kondektur.

“Pelayanan kesehatan gratis ini dilakukan bekerjasama dengan PT. Akas Mila Sejahtera dan PT Mila Sejahtera yang selama ini telah menjadi perusahaan yang menjadi tauladan dalam membayar IWKBU,”kata H. Masdar.

Dia mengungkapkan, kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis itu merupakan salah satu kegiatan rutin sebagai upaya untuk membantu masyarakat khususnya para sopir dan kondektur. Kegiatan itu juga dilakukan untuk mencegah potensi kecelakaan khususnya bagi angkutan umum yang akan melakukan perjalanan jauh ke luar kota.

“Harapannya para sopir dan kondektur serta kernet yang bepergian jauh dapat mengetahui kondisi kesehatannya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sebab faktor kesehatan sangat penting untuk memastikan kenyamanan di jalan,”ujarnya.

Sementara itu, PT. Akas Mila Sejahtera yang diwakili Suharti menyambut positif pemeriksaan kesehatan gratis bagi kru bus terutama sopir dan kondektur. Ia mengungkapkan lewat kegiatan ini perusahaan akan tahu kondisi karyawan.

“Kami berupaya agar kegiatan ini akan tetap berkelanjutan dan rutin,” ucapnya.

Suharti membeberkan sekitar 100 orang yang akan ikuti pelayanan pengobatan gratis tersebut, dengan harapan, manakala para personil tersebut, khususnya crew atau awak bus, selalu dalam kondisi prima, sehat wal afiat, maka resiko terjadinya kecelakaan dalam melaksanakan tugasnya akan semakin kecil. Demikian pula, bila seluruh peronil perusahaan dalam kondisi kesehatannya terawatt dan terjaga dengan baik, maka produktifitas kinerjanya juga akan menjadi baik, lanjut Suahrti, seraya menyatakan, bahwa itu artinya, kewajiban pembayaran pajak perusahaan, premi serta sumbangan wajib kecelakaan dari perushaan kepada pemerintah dan PT Jasa Raharja, akan terpenuhi sesuai peraturannya.@Rul