Palsukan KTP, Warga GKB Dibekuk Polisi

Gresik, BeritaTKP.Com – M Jauhari Gunawan Syaiful (33), warga Jalan Bali 47, Perumahan Gresik Kota Baru (GKB) Kecamatan Manyar tersebut dibekuk polisi, hal itu diketahui setelah terpergok oleh salah satu pemilik kounter HP yang ingin di kreditkan oleh pemilik konter dan saat diketahui bahwa KTP milik pelaku palsu maka segera dilaporkan ke pihak yang berwajib.

Dalam kasus ini selanjutnya Saiful ditetapkan sebagai tersangka. Dia dijebloskan ke sel tahanan dua pekan lalu. Polisi menelusuri jejak pelaku pembuat KK dan KTP palsu tersebut. Kepada polisi, Saiful mengaku meminta tolong Jauhari untuk dibuatkan KTP dan KK palsu. Dari keterangan Saiful, nama Jauhari dimasukkan ke dalam daftar pencarian orang (DPO).

Sementara itu menrut informasi Jauhari kabur ke wilayah Tuban. Anggota reserse mobile (resmob) melakukan pengintaian. Jauhari diringkus ketika tiba di rumahnya di Jalan Bali, GKB.

Dan saat di periksan Jauhari mengaku, dia belajar memalsukan KK maupun KTP secara otodidak. Dia membuat dokumen palsu menggunakan aplikasi photoshop, ia mengaku membuatnya sendiri, Ilmu tersebut didapat dari tempat bekerja sebelumnya. Mantan karyawan salah satu perusahaan periklanan di Surabaya ini mengembangkan ilmu editing unuk memalsukan dokumen.

Atas perbuatanya Tersangka dijerat pasal 263 ayat KUHP tentang pemalsuan dokumen, dan saat ini polisi terus menyelidiki dan mencari para tersangka lain. @wahyu