Waka Polda Jatim Buka Rakernis Humas Polri Jelang Pilkada Serentak 2018

Surabaya, BeritaTKP.Com – Menjelang pilkada serentak pada tahun 2018, Waka Polda Jatim Brigjend Pol Drs Widodo Eko Prihastopo membuka rakernis Humas Polri, pada Kamis 29/3/2018 di ruang Rupatama, dalam acara tersebut dihadiri Karorena, Kabid Humas, dan perwakilan pejabat Utama Polda Jatimm, Rakernis Humas yang bertema ” Strategi humas polri guna menghadapi pilkada serentak 2018 dalam rangka harkamtibmas ” ini diikuti oleh para Kasubbag humas polres/ta jajaran Polda Jatim dan operator subbag humas polres/ta jajaran Polda Jatim.

Dalam membacakan amanat Kapolda Jatim, Waka Polda Jatim menyatakan sangat apresiasi atas dedikasi anggota yang telah bekerja dengan maksimal selama ini. “Rakernis ini juga sebagai ajang analisa dan evaluasi terhadap kinerja kehumasan yang telah kita lakukan  dan sarana untuk menjabarkan perintah pimpinan. Fungsi humas sebagai komunikator polri dengan publik untuk memberikan pelayanan informasi tentang tugas tugas kepolisian dan penyampaian keberhasilan operasional kepolisian,” ujar Wakapolda.

Dalam hal ini Wakapolda diharapkan fungsi humas mampu menguatkan tugas tugas kepolisian dimasa yang akan datang, Humas harus menjalin kerjasama deng media main stream  untuk menyajikan informasi yang positip kepada masyarakat dan menciptakan opini yg positip terhadap masyarakat. “Humas sebagai ujung tombak polri sebagai pengelola informasi selanjutnya untuk disampaikan kepada publik atau masyarakat untuk menciptakan kamtibmas yang kondusif,” imbuhnya.

Dalam hal ini ia juga menjelaskan media sosial memegang peranan penting  dalam membentuk opini publik dan media sebagai pilar demokrasi, dan sebagai kontrol sosial dalam masyarakat. Waka Polda Jatim juga mengatakan bahwa karena peranannya yang sangat penting Humas pada saat ini sudah seharusnya menjadi satker tersendiri. “Pada era globalisasi sekarang ini, masyarakat sudah sangat terbuka untuk memperoleh informasi, serta masyarakat semakin sadar untuk menuntut hak haknya, fungsi humaslah yang penghubungnya,” ujarnya.

Ia menambahkan Fungsi humas tak bisa diemban oleh orang sembarangan, harus diemban orang seseorang yang punya kemampuan tersendiri.Dengan adanya kegiatan ciber patrol yang dilakukan oleh humas bisa mengerem adanya berita hoax yang terjadi dan tren adanya berita hoax saat ini cenderung menurun. @red

Download Apps BeritaTKP di Hp Anda