Pemkot Gelar Sosialisasi Permendagri Nomor 80 Tahun 2015 Tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah

Surabaya, BeritaTKP.Com – Sebagai upaya untuk memberikan pemahaman kepada setiap Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya dalam menyusun produk hukum sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang ada. Bertempat di Gedung Wanita Lantai 2, Bagian Hukum Pemkot Surabaya menggelar sosialisasi Permendagri Nomor 80 Tahun 2015 Tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah, Kamis (29/3).

Ira Tursilawati, Kabag Hukum Surabaya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan agar OPD dapat paham langkah dan prosedur dalam menyusun produk hukum daerah. Dengan banyaknya produk hukum daerah khususnya Peraturan Daerah.

Harapannya kesempatan ini dapat dimanfaatkan oleh OPD yang hadir agar dapat memahami langkah – langkah yang harus dilalui dalam menyusun dan mengajukan produk hukum.

Chaeruli Angerah dari Kanwil Kemenkumham memaparkan bahwa terkait dengan penyusunan produk hukum daerah, perlu adanya perancang peraturan perundangan yakni PNS yang diberikan tugas tanggung jawab dan wewenang untuk melakukan kegiatan penyusunan produk hukum, pemahaman langkah-langkah serta harmonisasi dalam proses penyusunan perda tersebut.

Radian Salman, Dosen Fakultas Hukum Universitas Airlangga dalam paparannya menekankan bahwa Permendagri ini memudahkan OPD dalam proses penyusunan Perda. Karena itu dalam penyusunan perda OPD yang terkait atau yang mengajukan penyusunan perda harus memiliki kesiapan dan paham tentang apa yang ingin dimuat atau diatur dalam perda tersebut. @hum/rul

Download Apps BeritaTKP di Hp Anda