Satlantas Polres Probolinggo Gelar Operasi Gabungan

0
161

Probolinggo, BeritaTKP.Com – Rutinitas penertiban terhadap pengguna kendaraan bermotor oleh Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Probolinggo intens dilakukan. Hal ini terlihat saat satuan di Polres Probolinggo ini menggelar giat operasi gabungan antara Satlantas dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo, Selasa (3/4) di seputar lokasi wisata Pantai Bentar Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo.

Operasi yang dipimpin Kanit Laka Satlantas Polres Probolinggo, Ipda Nyoman ini secara global berhasil menjaring sejumlah pelanggaran yang dilakukan oleh pengendaraan ranmor. Pantauan  dilapangan menunjukkan sejumlah temuan jenis pelanggaran dalam giat operasi ini yang lebih didominasi terkait SIM.

“Kebanyakan para pengendara tidak bisa menunjukkan kelengkapan berkendara berupa SIM (Surat ijin mengemudi) terutma kendaraan jenis roda dua, jadi kami ambil tindakan tilang. Dan bagi penegdara yang juga tidak bisa menunjukkan STNK, maka dengan terpaksa unit kendaraannya kami angkut ke kantor Satlantas.”Ujar Nyoman.

Perlu diketahui dalam operasi tersebut, Satlantas menurunkan 10 anggota dan 5 dari sipil. Sedangkan dari pihak Dishub turun 5 orang anggota.  Selain mengambil tindakan terhadap pengendara yang tidak dilengkapi SIM dan STNK, razia ini juga mengamankan 2 unit motor yang tidak dipasang plat nomor. Begitu juga Dishub yang dalam operasi ini sebagai tindaklanjut atas pelanggaran uji kir dan berat muatan .

Sementara Dishub kabupaten Probolinggo yang dipimpin Didik Nur berhasil menindak satu buah truk jenis fuso yang bermuatan melebihi batas tonase dan surat uji kir telah habis masa berlakunya.

Iptu Nyoman, Kanitlaka Polres Probolinggo yang dikonfirmasi terkait kegiatan tersebut mengatakan  “Kegiatan ini merupakan rutinitas yang selalu dilakukan oleh Satlantas, terlebih dalam satu even kami juga menggandeng instansi lain yang dikemas dalam operasi gabungan. Diharapkan dengan adanya razia semacam ini, akan memberi penyadaran pada masyarakat pengguna kendaraan bermotor, untuk lebih patuh pada aturan berkendara dijalan raya.”Ujarnya. (Rul/Tim)