Selundupkan Sabu, WNA Asal Vietnam Diamankan Petugas Bea Cukai

Sidoarjo, BeritaTKP.Com – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean Juanda (TMPJ) kembali mengagalkan upaya penyelendupan sabu-sabu yang dilakukan oleh WNA dan WNI melalui Bandara Internasional Juanda.

Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean Juanda, Budi Harjanto, mengatakan dua upaya penyelundupan ini dilakukan dalam waktunyang hampir bersamaan. Yang pertama oleh seorang WNA pada 19 Maret 2018, kemudian selang tiga hari ada tangkapan lagi penumpang yang mencoba menyelundupkan sabu melalui seorang WNI, ia juga menambahkan bahwa upaya penggagalan penyelundupan sabu-sabu ini berkat kerjasama berbagai pihak.

Dalam kasus ini petugas mengamankan 2 orang wanita diantaranya satu Warga Negara Asing asal Vietnam yang mencoba menyelundupkan sabu-sabu itu, Nguyen Thank The He (25) penumpang Jet Star Air rute Bangkok-Singapore-Surabaya, menurut pemeriksaan petugas, dalam tas tersangka yang dicampur dengan alat mekanik, ada bungkusan sabu-sabu seberat 1.175 gram.

Sementara itu petugas juga mendapati sabu-sabu lainnya yang dibawa oleh Novita Habibah (29) warga Desa Binoron Kecamatan Pakong, Kabupaten Pamekasan penumpang Air Asia rute Kualalumpur-Surabaya, Sabu-sabu milik Novita terbongkar setelah dinding tas terdeteksi ada sabu-sabu seberat 1.240 gram.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatanya Para tersangka dikenakan UU No 5/2009 tentang Narkotika, Pasal 113 Ayat 1 dan 2 KUHP, dan UU Kepabean No 17/2006. Maksimal pidana hukuman mati dan atau seumur hidup. @red