Baca Puisi Mengandung Unsur SARA, Sukmawati Terancam Dipolisikan Ansor Jatim

0
73

Surabaya, BeritaTKP.Com – Sukmawati Soekarnoputri dilaporkan oleh Ketua GP Ansor Jatim, Rudi Tri Wahid terkait tuduhan berjudul “Ibu Indonesia” yang dibacakan Sukmawati saat gelaran fashion show Anne Avantie beberapa waktu lalu yang dianggap mengandung unsur SARA.

Kedatangan pengurus GP Ansor Jatim dikawal beberapa pengurus dan personel Banser mendatangi Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Jatim, Para pengurus GP Anshor ini langsung masuk di ruang SPKT dan langsung disambut petugas yang jaga.

Dalam dialog dengan petugas, Rudi Tri Wahid menjelaskan jika yang dilakukan itu lebih pada upaya mengantisipasi kegaduhan sosial imbas dari puisi yang dibaca Sukmawati yang dinilai mengandung unsur SARA, dan terkait ada atau tidaknya unsur pidana dalam puisi Sukmawati, Rudi Tri Wahid menyerahkan pada aparat kepolisian.

“Perkara yang kami laporkan kategori pidana apa? Itu kami serahkan ke polisi. Justru kami menginginkan tidak boleh ada keributan dan kegaduhan di masyarakat, khususnya di Jatim. Maka dari itu kami minta agar polisi menangani itu,” tegas Ketua GP Ansor Jatim, Rudi Tri Wahid.

GP Ansor melaporkan ke Polda Jatim atas perintah PWNU Jatim yang ikut menyesalkan puisi kontroversial itu. Tujuan dari laporan itu supaya masyarakat tenang dan tidak  terprovokasi. Apalagi puisi itu viral di media sosial, ia juga menuturkan Puisi Sukmawati, telah menimbulkan kegelisahan dan keributan di tengah masyarakat.

“Negara ini adalah negara hukum. Seharusnya diselesaikan secara hukum agar tidak terjadi disharmoni di tengah masyarakat, PWNU Jatim memerintahkan badan otonom, yakni Ansor, untuk menyampaikan surat aduan ke Polda Jatim,” paparnya. @red