Nyaru Jadi Buruh Angkut, Jambret HP Penumpang Kapal Terciduk

Surabaya, BeritaTKP.Com – M Rifai (35) warga Jalan Hangtuah 6/39, Surabaya ditangkap oleh Tim Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya di gate Pelabuhan Nilam, hal itu dilakukan setelah polisi mendapatkan laporan adanya kasus pencurian handphone (HP) milik penumpang kapal.

Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, AKP Tinton Yudha Riambodo menjelaskan bahwa Pelaku mencuri HP itu di atas kapal Deltamas IX yang saat itu sandar di Pelabuhan Kalimas.

Diketahui bahwa modus yang dialkukan oleh pelaku Rifai berpura-pura menjadi buruh angkut atau TKBM (tenaga kerja bongkar muat) yang biasa mengangkut barang penumpang maupun barang kapal. Dengan penyamaran itu, tersangka bebas keluar masuk ke kapal tersebut. Pelaku kemudian masuk ke dalam kapal yang sandar di pelabuhan.

Dengan mengenakan kaos oblong dan sebuah handuk kecil yang dikalungkan di leher, M Rifai, memang menyakinkan sebagai kuli angkut. Namun belakangan, dandanan itu hanyalah modus untuk melakukan pencurian., Setelah itu, tersangka melihat sebuah HP merk Samsung J5 milik penumpang. HP tersebut diletakkan di atas kursi penumpang, melihat kesempatan tersangka lantas mengambil HP tersebut lalu keluar dari kapal.

Hingga akhirnya setelah mendapatkan laporan tersebut pihaknya lantas melakukan penyelidikan. Sejumlah saksi diperiksa dan pihaknya melacak nomor HP yang dicuri oleh tersangka. Setelah itu, polisi mengetahui identitas tersangka hingga dilakukan penangkapan, benar saja saat digeledah petugas menemukan barang bukti berupa HP milik korban. HP tersebut disembunyikan di saku celana tersangka.

Dalam kasus ini ternyata tersangka sudah sekian kalinya beraksi dan ia mengaku sudah dua kali. Aksi pertama ia lakukan di Pelabuhan Nilam, tepatnya di parkiran bongkar muat semen, dan kini etrsangka diamankan sementara polisi terus mengembangkan kasus ini. @yanto

Download Apps BeritaTKP di Hp Anda