Tak Bisa Bayar Cicilan Mobil, Warga Pengampon Nekad Gelapkan Uang Perusahaan

Surabaya, BeritaTKP.Com – Terdesak dan butuh uang untuk membayar cicilan mobil miliknya Sandie Tirto Hardjono (36) berakhir di bui. Pria yang tinggal di Jalan Pengampon Gang 8/37 Surabaya ini nekat menggelapkan uang milik perusahaan tempat ia bekerja, hingga kini ia dilaporkan ke pihak yang berwajib.

Sebelum ditangkap Sandie memang buron Polsek Sukomanunggal setelah dilaporkan oleh perusahaan tempat ia bekerja yakni CV Satya Graha Mandiri, komplek Ruko Satelit Twon Square Blok E/12, hingga akhirnya ia ditangkap oleh ditangkap oleh anggota Direskrimum Polda Jatim, AKP Agung Pribadi di sebuah rumah makan di kawasan Tulungagung.

Setelah ditangkap ia diperiksa dan Saat diperiksa, Sandhi mengaku jika uang Rp 72 juta tersebut digunakan untuk uang muka untuk membeli mobil Grand Livina Rp 35 juta. Kemudian untuk membayar cicilan dua kali yakni Rp 7,4 juta. Sisanya ia gunakan untuk foya-foya dan dan main perempuan.“Saya ingin hidup enak tanpa harus kerja keras, selain itu gaji saya juga sedikit,” ujarnya.

Sebelumnya, Tersangka dilaporkan pada Januari lalu, oleh perusahaan tempat ia bekerja, dalam kasus ini Sandie memanfaatkan jabatannya sebagai seorang sales perusahaan. Selama ini ia bertugas memasarkan atau menjualkan keramik serta melakukan penagihan. Hanya saja setelah mendapatkan setoran dari sejumlah toko, ia tak menyetorkan pembayaran tersebut kepada perusahaan.

Dan Berdasarkan hasil audit perusahaan dan hasil pemeriksaan ada lima pembayaran dari sejumlah toko yang tak disetorkan oleh tersangka. Jumlahnya mencapai Rp 72 juta, Modusnya tersangka tersebut membuat nota palsu untuk mengelabuhi perusahaannya. Misal ada toko yang sudah melakukan pelunasan Rp 40 juta, namun dia hanya menyetorkan Rp 30 juta. Hal itu dibuktikan dengan nota palsu yang dibuat oleh tersangka.

Hingga Madus yang dilakukan oleh pelaku terungkap setelah perusahaan melakukan audit dan didapati ada selisih dari pemasukan uang dan jumlah barang yang sudah terjual. @haryanto

Download Apps BeritaTKP di Hp Anda