Polres Malang Grebek Pabrik Pembuatan Trobas

0
159

Malang, BeritaTKP.Com – Sebuah rumah yang ditenggarai dijadikan pabrik pengolahan minuman keras jenis Trobas di kawasan Malang Selatan. Pemilik rumah berinisial SU (60), warga Desa Sindurejo, Kecamatan Gedangan digrebek oleh Unit 3 Satreskrim Polres Malang.

Kanit III Satreskrim Polres Malang, Ipda Afrizal Akbar Haris, mengatakan, proses pembuatan Miras jenis Trobas sudah berlangsung sejak dua tahun lamanya. “Pemilik Trobas masih kita kejar. Saat penggrebekan tidak ada ditempat,” terang Ipda Afrizal.

Diketahui gudang sekaligus pabrik Miras Trobas ini, berada di areal Kebun Kopi di Dusun Sumberpelus, Desa Sindurejo, Kecamatan Gedangan. Pemilik barang melarikan diri saat penggrebekan berlangsung selain itu petugas juga mengamankan bukti yang disita, sebanyak 45 drum besar berisi fermentasi ketan hitam serta bahan pembuatan Miras jenis arak dan Trobas.

Dan ada juga Lalu satu mesin pengolah tepung atau penghancur ragi. Satu buah alat masak berupa dandang besar, dua tabung gas elpiji serta dua karung gula, dijelaskan bahwa Seluruh bahan baku berupa ketan hitam, air dan ragi serta gula dicampur jadi satu. Setelah ditimbun beberapa hari, baru kemudian dipanaskan dan dilakukan penyulingan. Baru kemudian menjadi alkohol dan dijual literan.

Atas kasus ini peugas akan terus mencari pemilik pabrik dan nantinya Pemilik pabrik Miras Trobas ini terancam dijerat pasal 204 ayat 1 KUHP atau pasal 62 junto pasal 8 ayat 1 UU nomer 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dengan ancaman hukuman, 15 tahun penjara. @CAnam