Putra Nasdem Bersama CV.Putra Punden Delta Corp. Lestarikan Seni Budaya Tradisional Nganjuk

0
212
Seniman Tayub bersama Manager CV. Putra Punden Corp

Nganjuk, BeritaTKP.Com – Dalam rangka bersih Desa Lumpang Kuwik Putra Nasdem bersama CV Putra Punden Corp. lestarikan seni budaya tradisional yang ada di Kabupaten Nganjuk.

Tradisi bersih desa ini di buka dengan doa bersama warga sekitar. Hampir setiap warga membawa berbagai macam tumpeng sebagai tanda rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas anugerah yang di berikan.

Setelah selesai acara doa dan tradisi ritual di gelar pesta seni budaya tradisional Tayub, jaranan, dan reog.

Untuk kesenian Tayub di kemas secara apik yang pada kesempatan ini Tayub Campursari “Satria Wijaya” dari Kalirejo-Darurejo Plandangan Jombang dan di lanjut seni Jaranan Turonggo Wilis dari Nganjuk serta kesenian Reog.

Acara bersih desa ini di hadiri oleh warga masyarakat, simpatisan dan pemuda generasi Nasdem serta tokoh-tokoh dari pengurus Partai Nasdem.

Pada saat di temui awak media Berita TKP, sebagai Pimpinan CV. Putra Punden Corp. Suhariyono menjelaskan kami bersama Putra Nasdem dalam acara bersih desa ini menggelar kesenian tradisional demgan tujuan mengangkat dan memperkenalkan seni tayub pada masyarakat khususnya para pemuda desa Lumpang Kuwik.

Pak Yono (panggilan akrab) mengatakan kesenian tradisional seperti tayub ini harus di lestarikan agar bisa bersaing dengan musik modern.

Dari beberapa warga desa Lumpang kuwik saat di temui awak media Berita TKP mengatakan sangat senang dengan acara bersih desa yang pada tahun ini berbeda, ada kesenian tradisional lengkap dan terlihat lebih saklar.

Ada warga lain menambahkan dengan bahasa jawa “Ngene iki lo mas nyadran tenan enek tontonan tayub, jaranan e koyok jaman dhisik”.

Begitu pula dari pihak seniman juga berharap agar generasi muda bisa meneruskan dan melestarikan tradisi budaya seperti tayub yang sudah mulai punah ditelan jaman. (Hary)