Bakesbangpol Kabupaten Blitar Gelar Sosialisasi Pilgub Jatim

0
180

Blitar, BeritaTKP.Com – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Blitar dengan KPUD Kabupaten Blitar mengelar acara sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur ( Pilgub ) Jawa Timur Tahun 2018 pada Selasa 24/4 bertempat di Pemkab Blitar Kanigoro lantai 3.

Bakesbangpol Kabupaten Blitar beserta Tim Koordinasi dan Fasilitator dukungan kelancaran pelaksanaan pemilihan Pilgub tahun 2018 untuk ikut mensukseskan pelaksanaan Pilgub Jatim 2018.

Acara Sosialisasi Pilgub Jatim sudah dilaksanakan beberapa kali agar peserta Sosialisasi dapat memahami dalam Pemilihan Pilgub dapat berjalan lancar sesuai peraturan maupun teknis pelaksanaan yang telah ditetapkan.

Peserta Sosialisasi dihadiri PPL,PPS dan PPK dari tingkat Kecamatan hingga Desa. Sosialisasi ini memberikan materi atau masukan kepada para peserta agar dapat memahami serta memberikan informasi maupun penjelasan kepada masyarakat setempat.

Acara Sosialisasi Pilgub Jatim 2018 Bakesbangpol mengundang para Narasumber dari KPUD Kabupaten Blitar, Panwaslu Kabupaten Blitar dan Kejaksaan Negeri Blitar.

Sekretaris Bakesbangpol Kabupaten Blitar, A Irianto mengatakan di waktu yang semakin mepet sosialisasi ini sangatlah penting. Terutama bagi penyelenggara Pemilu baik di tingkat desa maupun tingkat Kecamatan.

“Pemkab Blitar akan seoptimal mungkin ikut serta dalam menyukseskan pilgub. Hal ini sesuai dengan amanat Undang- undang No 7 Tahun 2017 Pasal 434 yang berbunyi pemerintah berkewajiban memfasilitasi pilkada hingga pelaksanaanya berjalan aman , lancar dan sukses,” kata Irianto.

Materi sosialisasi selain terkait dengan tahapan pelaksanaan Pilgub, juga terkait permasalahan yang mungkin dihadapi penyelenggara saat pelaksanaan Pilgub. “ Ketika tahapan berjalan baik serta tentu kita akan mendapakan hasil yang lebih baik pula,” ujarnya.

Komisioner Divisi Kemitraan Masyarakat Ragil Agus Tri Darmanto SE mengatakan dengan gencarnya sosialisasi yang dilakukan oleh internal KPU maupun Bakesbangpol penyelenggaraan Pilgub dapat berjalan lancar.

Pihaknya juga mengapresiasi dukungan penuh Pemkab Blitar melalui Bakesbangpol dalam upaya menyukseskan pilgub Jatim 2018. “Untuk mensukseskan penyelenggaraan Pilgub dibutuhkan sinergitas antara penyelenggara, Pemerintah, juga masyarakat.

Sehingga dengan agenda seperti ini kami sangat berharap penyelenggaraan Pilgub berjalan lancar dan aman. Tujuan dari pelaksanaan sosialisasi pilgub 2018 ini pihak KPUD sangat apresiasi dengan kinerja pihak Bakesbangpol Kabupaten Blitar agar pelaksanaan nantinya dapat berjalan dengan lancar.

Semua elemen maupun steakholder ikut berperan aktif dalam sosialisasi ini. Dalam hal ini sukses pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim 2018 partisipasi pemilih hadir dalam proses pemilihan di tanggal 27 Juni 2018.

Steakholder mempunyai peran dalam sosialisasi ini diseluruh masyarakat khususnya di Kabupaten Blitar. KPUD Kabupaten Blitar mempunyai tanggung jawab besar terkait partisipasi target dari KPU RI adalah 77,5 persen angka partisipasi pemilih agar bisa termaksimalkan, disini peran aktif Bakesbangpol berserta TIM dalam penyelenggaraan Sosialisasi Pilgub tahun 2018.

Disini penetapan pemilih tetap ber E-KTP yang menjadi orientasi pelaksanaannya , karena semua ini menurut Undang-undang penyelenggaraan pemilu. Adapun kendala yang dihadapi pada proses belum terekam ber E-KTP, kendala ini sudah dikoordinasikan dengan Dispendukcapil Kabupaten Blitar dapat diatasi,”ujarnya.

Ragil berharap dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim tahun 2018 di bulan Juni Sukses Penyelenggaran dan Pemilihan nanti. Mengharap seluruh masyarakat Kabupaten Blitar agar dapat memberikan suaranya dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2018,”pungkasnya. (fm)