Puti Guntur dan Gus Ipul Angkat Program Pendidikan Gratis

Surabaya, BeritaTKP.Com – Kandidat nomor 2 Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Puti Guntur Soekarno bersama Gus Ipul menegaskan komitmennya untuk pembebasan biaya pendidikan SMA/SMK Negeri, jika terpilih dalam Pilkada 2018.

Gagasan tersebut disampaikan saat bertemu dengan masyarakat di Kelurahan Sidotopo Wetan, Kenjeran, Surabaya. Pertemuan Cawagub Puti Guntur Soekarno dengan warga Sidotopo Wetan dilakukan menjelang buka puasa. Ia didampingi Wakil Ketua DPD PDIP Jawa Timur Armuji.

Warga Kota Surabaya memang pernah cukup lama menikmati pendidikan gratis SD, SMP, SMA dan SMK Negeri. Semua pembiayaan itu ditanggung APBN dan APBD Kota Surabaya.

“Ini komitmen kami berdua untuk mengawal program wajib belajar 12 tahun, yang menjadi kebijakan Presiden Jokowi, sekaligus menjamin hak pendidikan anak-anak di Jawa Timur,” kata Puti Guntur.

Walikota Tri Rismaharini mengalokasikan anggaran pendidikan sampai 32 persen dari total APBD Kota Surabaya. Namun, seiring pengesahan UU 23/2014 tentang pemerintahan daerah, kewenangan SMA/SMK beralih ke Pemprov Jawa Timur.

Peralihan itu diikuti penerapan kebijakan pendidikan berbayar untuk SMA/SMK Negeri di seluruh Jawa Timur. Gus Ipul dan Puti Guntur Soekarno belakangan ini banyak mendengar keluhan masyarakat atas pendidikan berbayar itu.

“Semoga atas dukungan warga Jawa Timur, khususnya Surabaya, Gus Ipul dan saya bisa menerapkan kembali pendidikan gratis untuk SMA/SMK Negeri,” kata Puti Guntur.

Masyarakat yang hadir sangat antusias dan memberikan apresiasi atas program Gus Ipul-Puti. “Kami akan sampaikan pada warga masyarakat lain, tentang rencana itu. Saya yakin warga Surabaya akan menyambut gembira,” kata Supardi, seorang warga.@wari/lutf