Sidak Takjil, Dinas Kesehatan Blitar Temukan Makanan Berformalin

0
146

Blitar, BeritaTKP.Com –  Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar menggelar sidak jajanan dan minuman yang dijual di pasar takjil di Jalan A Yani, pada Senin 21 Mei 2018. Petugas menyisir sejumlah lapak milik pedagang takjil di lokasi. Petugas mengambil 20 sampel jajanan dan minuman yang dijual di lokasi. Sampel jajanan dan minuman tersebut langsung dicek di lokasi.

Dari hasil pengecekan, petugas menemukan beberapa makanan mengandung zat berbahaya. Diantaranya, hasil pengecekan jajanan jenis krupuk banyak ditemukan mengandung boraks, cendol dan cincau yang mengandung rhodamin, serta sayuran yang megandung formalin.

“Ini temuan baru dalam razia kami tiap tahun, ada sayuran yang mengandung formalin,” ungkap Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Blitar, dr Dharma Setiawan.

Dinkes akan melanjutkan razia lagi di Pasar Takjil pada Selasa 22 Mei 2018. Setelah razia yang kedua, Dinkes akan mengumpulkan para pedagang di Pasar Takjil. Dinkes akan memberikan sosialisasi atas berbahayanya zat yang dicampur di jajanan.

Petugas menghimbau kepada masyarakat, untuk lebih pintar dalam memilah makanan yang sehat dan berbahaya.  Selain sebagai pengawet,  ternyata formalin juga dapat mempertajam warna sayuran. Sayuran yang diberi formalin bisa berwarna lebih hijau.@fm