Lakukan Pungli, Guru TK Ditahan Kejaksaan Jember

Jember, BeritaTKP.Com –  Seorang guru TK yang diketahui berinisial SS terpaksa harus ditahan Aparat Kejaksaan Negeri Jember, Jawa Timur, karena diduga telah menyelewengkan Dana Operasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

“SS terlibat sebagai ketua panitia bimbingan teknis penyusunan BOP PAUD, padahal kegiatan bimtek itu melanggar petunjuk teknis dan pelaksanaan yang diterbitkan pemerintah. Tidak ada dasar hukumnya. Kerugian negara mencapai Rp 376 juta.” ujar Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Jember Herdian Rahardi.

Acara bimtek itu digelar di salah satu hotel tahun lalu. Saat itu ada penjelasan dari SS bahwa bimbingan teknis diperlukan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh pengelola PAUD dan pendidikan luar sekolah dalam embuatan pelaporan penggunaan biaya operasional. Biaya berasal dari peserta karena anggaran untuk kegiatan itu tidak ada.

SS diketahui telah memungut sejumlah uang kepada 1.117 PAUD, Jaksa akan terus melakukan penyidikan hingga Dinas Pendidikan Jember. Ada kemungkinan tersangka lebih dari satu.@vik/eka