Peduli Dunia Pendidikan, Desa Batok Bangun Gedung PAUD dari DD 2018

0
299

Madiun, BeritaTKP.Com – Pelaksanaan Pembangunan melalui Program Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2018 Pemerintah Desa Batok, Kecamatan Gemarang, Kabupaten Madiun tak hanya terfokus pada pembangunan dibidang insfratuktur dan pemberdayaan masyarakat saja, namun pengembangan Dunia Pendidikan pun menjadi perhatian dan Prioritas aparatur Desa setempat.

Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Batok Suwandi S,Pd.I menjelaskan Kebutuhan pendidikan bagi anak usia dini tentunya sangat penting, karena merupakan fondasi awal dalam membentuk karakter anak menjadi manusia yang cerdas dan berbudi pekerti yang luhur.

“Kebetulan basic saya memang di dunia pendidik mas dan saya sangat peduli dengan kondisi dunia pendidikan kususnya di Desa Batok dan sekitarnya. Untuk tahap pertama ini Dana Desa (DD) 2018 kita arahkan untuk pembangunan Gedung PAUD, dengan tujuan untuk meningkatkan kwalitas pendidikan masyarakat Desa Batok mulai dari PAUD hingga jenjang yang lebih tinggi” jelasnya.

“Melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal” imbuh Suwandi saat di temui di kantornya, Selasa(26/06).

Sementara itu Riyanto, Sekretaris Desa Batok juga menambahkan pembangunan gedung PAUD tersebut memang dirasa perlu, sebab sebelumnya menggunakan gedung pinjam pakai “murid sudah ada dan guru juga sudah ada, namun gedung belum punya. Dulu sementara menggunakan gedung pinjam pakai” paparnya.

Pembangunan Gedung PAUD tersebut juga mengacu dari usulan RPJM 2013 lalu “Usulan dari warga masuk RPJMDes mulai tahun 2013 sampai 2018 dan baru masuk RKP 2018 hingga baru bisa di anggarkan tahun ini” imbuhnya.

Gedung PAUD tersebut di bangun di tanah kas Desa di  RT.20 RW.03 Dusun Kambatan Desa Batok tepatnya di samping SDN Batok 01. Dengan anggaran Rp.139.292.600,- dari total DD Desa Batok Tahun ini Rp.860.626.000,-.

Ucapan terimakasih juga disampaikan Kepala Desa Batok beserta masyarakat  kepada Pemerintah atas turunnya program Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2018 ini, yang sangat besar manfaatnya untuk membantu dan mendukung memenuhi kebutuhan bidang sarana dan prasarana di Desanya.(Adv/DYN)