Batik Tulis Song Song Produk Unggulan Desa Sewulan

0
163

Madiun, BeritaTKP.Com – Pelaksanaan Program Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2018, Pemerintah Desa Sewulan Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun tidak hanya berfokus pada pembangunan dibidang insfratuktur saja, namun Pemberdayaan Masyarakat juga menjadi Prioritas Utama sehingga bisa menghasilkan produk unggulan di Desa tersebut.

Potensi Desa Sewulan meliputi Pariwisata Religi “Situs Basyariyah”, pande besi, gerabah dari tanah liat, kerajinan mainan/mobil-mobilan dari limbah kayu atau besi dan pertanian- perkebunan. Produk unggulan yang tak kalah menarik dari Desa Sewulan adalah karya batik song song Sewulan yang ada di RT.12 dukuh Gender, RT.26 dukuh Kayen,  dan RT.28 dukuh Bulusari.

Song song ini adalah nama lain dari payung pusaka, yang merupakan lambang dari Desa Sewulan dan sekarang tetap berdiri kokoh disamping makam Kyai Ageng Basyariyah. Payung tersebut mengandung sejarah sampai akhirnya tersebutlah nama Sewulan.

Plt. Sekdes Desa Sewulan, Tri Wahyuni S.Pd.I menjelaskan disini batik Sewulan akan berusaha mengangkat nama song song tersebut menjadi sebuah karya yang luar biasa, dengan berbagai motif dan warna namun juga tetap kami tampilkan lambang desa yaitu Song song desa Sewulan.
“Batik song song adalah karya yang luar biasa dari warga kami, dalam rangka mengangkat nama baik desa kami dan dalam rangka menumbuh-kembangkan ekonomi masyarakat, kami pemerintahan Desa Sewulan berusaha memberdayakan masyarakat melalui karya batik ini” ungkapnya saat di temui di kantornya.Rabu (20/06).
“Jadi masyarakat bisa belajar berkarya dan menghasilkan uang untuk meningkatkan taraf hidup ekonomi sosial di masyarakat” imbuhnya.
Sementara itu Kepala Desa Sewulan H. Sukarno mengatakan, “Dengan adanya Dana transfer dari APBN (DD) sangat besar manfaatnya untuk membangun wilayah Desa Sewulan. Kami lebih memprioritaskan padat karya sehingga sangat membantu pemerintah Desa untuk mengatasi tingkat pengangguran dan menekan angka kemiskinan” jelasnya.
Beliau berharap semoga program ini kedepan tetap berjalan agar sarana dan prasarana di desa kami terpenuhi.(Adv/DYN)