Satpol PP Kabupaten Madiun Tutup Paksa Usaha Kandang Ayam Petelur Tak Berijin

Madiun, BeritaTKP.Com – Satuan Polisi Pamong Praja(Satpol PP) Kabupaten Madiun menutup paksa usaha kandang ayam petelur tak berijin yang berada di Desa Kedungrejo Rt.15 Rw.05 Kecamatan Balerejo, Senin(23/04/2018).

Usaha  tersebut milik M.Dari yang sudah berjalan sekitar 2 tahun lebih namun belum memiliki ijin dari Dinas terkait, sebelum penyegelan tersebut pihak Satpol PP juga sudah memberi Surat Peringatan sampai Tiga Kali dan di beri waktu 15 hari untuk mengurus surat ijin usaha namun terkesan tidak di hiraukan hingga akhirnya di tutup dan di segel oleh petugas Satpol PP.

Penutupan tersebut di pimpin oleh Eko Budi Hastanto Kabid Penegakan Produk Hukum Daerah Satpol PP Kabupaten Madiun. Dia menjelaskan usaha kandang ayam tersebut di tutup berdasarkan keluhan warga sekitar yang terdampak dari limbah kotoran dan baunya yang sangat menyengat serta usaha tersebut juga tidak di lengkapi data adminitrasi lengkap.

“Usaha kandang ayam tersebut Melanggar keputusan menteri pertanian nomor : 404/KPTS/OT.2016/2002 Tentang pedoman perizinan dan Pendaftaran usaha Peternakan serta
Peraturan Daerah Kabupaten Madiun nomor 4 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat” jelasnya.

Kalau di lihat dari lokasi sebenarnya luas nya tidak ada 1 hektar dan jumlahnya juga tidak lebih dari 10 ribu ekor mestinya ini mengurus tanda daftar pertenakan rakyat, cukup Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup (SPPL) yang di dalamnya itu ada surat persetujuan lingkungan. Kalau di awali dengan itu otomatis Dinas tekait ini akan berkewajiban mengawasi dan pembinaan usaha pertenakan rakyat tersebut “imbuh Eko kepada awak media seusai memasang papan penyegelan di lokasi tersebut.

Penyegelan tersebut juga di dampingi oleh Kapolsek Balerejo AKP J.NUGROHO, S.H., M.H. bersama jajaran dan di saksikan oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Kedungrejo, Kepala Desa Kedungrejo dan perwakilan tokoh masyarakat.(DYN)

 

Download Apps BeritaTKP di Hp Anda