Tanaman Porang Produk Unggulan Pertanian Desa Sumberbendo

Madiun, BeritaTKP.Com – Desa Sumberbendo adalah Desa yang terletak Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun tepatnya di tengah hutan lereng Gunung Pandan yang mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai petani.

Meskipun demikian, Desa Sumberbendo tidak mau kalah dari Desa yang lain di bidang pertanian dan pemberdayaan masyarakatnya. Hasil bumi yang melimpah dan tumbuh subur dari pertanian Desa tersebut adalah tanaman Porang yang juga merupakan produk unggulan masyarakat Desa setempat.

Tanaman Porang atau di daerah Jawa  yang dikenal dengan nama iles-iles ini merupakan tanaman yang hidup di hutan tropis. Tanaman yang bisa juga ditanam di dataran rendah tersebut mudah hidup di antara tegakkan pohon hutan seperti misalnya Jati dan Pohon Sono, dan tumbuh subur di tanah Sumberbendo.

Suprapto Kepala Desa Sumberbendo waktu di temui di kantornya, Senin(14/05) mengatakan “Tanaman Porang ini mempunyai nilai jual ekonomi yang tinggi dan prospek yang menjanjikan, karena banyak sekali manfaatnya terutama untuk bahan industri dan kesehatan. Namun kalau tidak dikelola dengan baik juga akan percuma dan hasilnya kurang memuaskan” jelasnya.

Kedepan untuk menambah PADes (pendapatan asli desa), porang ini akan dikelola oleh Bumdes dari program dana Desa untuk pemberdayaan masyarakat setempat.

“untuk menambahkan Bumdesnya yang baru dimulai Tahun kemarin, untuk mengelola tanaman porang nanti akan dikelola oleh Bumdes dari program Dana Desa (DD) 2018 ini agar bisa maksimal dan bisa meningkatkan perekonomian warga serta memberdayaan masyarakat sekitar secara merata” imbuhnya.

Ditanya soal distribusi penjualan porang sejauh ini juga tidak mengalami kendala, sebab sudah ada pengepul yang mengambil langsung di lokasi jadi masyarakat tidak perlu repot. Dan diharapkan dengan berkembangnya potensi pendapatan masyarakat desa melalui budidaya tanaman porang maka kesejahteraan masyarakat pun akan menjadi lebih baik dan meningkat.(Adv/DYN)