Polres Jember Sita Ribuan Rokok Tanpa Cukai

Jember, BeritaTKP.Com – Pria berinisial MD(40) berhasil diamankan Aparat Kepolisian Resor Jember, Jawa Timur karena terbukti membawa Ribuan bungkus 10 merk rokok tanpa pita cukai yang dikemas dalam 578 pres.

MD (40) merupakan warga Pondokdalem, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Yang bermata pencaharian sebagai penjual rokok tanpa cukai di toko-toko kecil di Kecamatan Tanggul, Jember dan Jatiroto (Lumajang).

“Pengungkapan tersebut berawal dari laporan warga ke Polsek Semboro yang mengaku sering melihat tersangka menjual rokok tanpa pita cukai ke warung-warung yang ada di sekitar wilayah Semboro,” kata Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo.

Dari hasil penggerebekan,  polisi berhasil mengamankan barang bukti sebanyak 10 merk rokok tanpa pita cukai dengan jumlah total sebanyak 578 slop, dimana tiap slop berisi 10 pak.

Rincian merk rokok tanpa cukai yang beredar di Kecamatan Semboro yakni, Robicom sebanyak 400 slop, Taligung sebanyak 50 slop, Luxio 35 slop, Marco sebanyak 32 slop, SMD sebanyak 24 slop, Inter Premium sebanyak 13 slop, Grand Premium 13 slop, ST Premium 6 slop, YS Pro Mild sebanyak 8 slop, dan Bold sebanyak 2 slop.

Tersangka dijerat pasal 54 jo pasal 29 Undang – Undang Nomor 39 Tahun 2007, tentang Cukai dengan hancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara.@irf/vik