1 Pembobol Minimarket di Gresik Ditangkap, 3 Jadi DPO

0
245

Gresik, BeritaTKP.Com –  Heri Yanto (28) salah satu pelaku pembobol minimarket di Jalan Raya Desa Sawo, Kecamatan Dukun, Gresik hanya bisa tertunduk malu setelah terbukti melakukan aksi pembobolan bersama tiga rekannya yang kini masih menjadi daftar pencarian orang (DPO).

Tiga rekannya yang masih dalam daftar DPO yakni, Abdul Rohim (23) warga asal Bekasi dan Hari Setiawan (22) warga Kerawang Jawa Barat, dan Danang Ferianto (21) warga asal Jombang. Dari semua tersangka itu, memiliki peran masing-masing. Heri bertugas sebagai sopir. Dia selalu berada di kursi kemudi setiap kali beraksi. Sedangkan tiga rekannya bertugas melakukan eksekusi.

Menurut pengakuan Heri, yang menjadi otak pencurian itu adalah Danang, karena sejak sebulan lalu Danang melakukan gambaran terhadap mini market di Kecamatan Dukun, Gresik.

Saat menjalankan aksinya, Heri memarkir mobil Suzuki Ertiga di depan minimarket. Sedangkan tiga orang rekannya masuk dengan cara mencongkel pintu depan. Namun, komplotan spesialis pembobolan itu hanya bisa mendapatkan uang Rp 300 ribu karena tidak bisa membuka brankas.

Usai menjalankan aksinya, komplotan tersebut kabur ke Madiun agar tidak tertangkap polisi. Mereka kembali beraksi kali ini sasarannya terhadap mini market yang buka 24 jam di daerah Kecamatan. Tetapi, aksi mereka kali ini berhasil digagalkan oleh polisi.

“Kita mendapat informasi itu, langsung meluncur ke Madiun,” ujar Kanit Pidana Umum Satreskrim Polres Gresik Ipda Moch Dawud.

“Untuk sementara, hanya Heri yang ditahan di Polres Gresik. Tiga orang temannya ditahan di Mapolres Madiun. Nanti setelah proses disana selesai, akan diserahkan kami,” ujar Kasatreskrim Polres Gresik AKP Tiksnarto Andaru Rahutomo.@why/sevta