Dinas PUPR Kabupaten Blitar Perbaikan Dan Peningkatan Jalan Tawangsari – Sidodadi Kec.Garum

BlitarBeritaTKP.Com – Pembangunan Infrastruktur merupakan poin penting dalam percepatan proses Pembangunan Nasional. Infrastruktur mempunyai peranan penting sebagai salah satu roda pengerak pertumbuhan ekonomi, sebagai contoh pembangunan infrastruktur transportasi jalan dan jembatan. Kinerja keras Pemerintah Kabupaten Blitar patut diacungi jempol, dalam hal ini Dinas PU dan Penataan Ruang terus melakukan upaya-upaya pembangunan salah satunya jalan dan jembatan. Jalan merupakan sarana dan prasarana yang sangat vital bagi lancarnya arus lalu lintas.

Karena jalan merupakan salah satu akses dan penunjang untuk meningkatkan taraf perekonomian masyarakat. Disamping itu dengan bertambahnya volume kendaraan yang selalu bertambah tiap tahun nya. Untuk memperlancar akses jalan poros Kabupaten Blitar tersebut Dinas PU Bina Marga dan Penataan Ruang pada tahun 2018 melakukan perbaikan jalan yang berlubang di beberapa wilayah jalan Kabupaten Blitar.

Kerja keras yang dilakukan Dinas PU Bina Marga dan Penataan Ruang Kabupaten Blitar dalam mendukung penuh Program-program Pembangunan demi kemajuan pembangunan daerah agar kian merata dan tercapainya kesejahteraan masyarakat. Dinas PUPR Kabupaten Blitar pada awal tahun 2018 mengerjakan perbaikan dan peningkatan jalan yang rusak atau berlubang di wilayah kecamatan Garum.

Perbaikan dan peningkatan jalan Tawang sari hingga Sidodadi merupakan jalan alternatif menuju tempat wisata candi Penataran maupun wisata Kebun Kopi Karanganyar,ini semua guna memperlancar pengguna jalan umum dan meningkatkan perekonomian warga masyarakat yang akan menjual hasil pertanian desa tersebut.

Saat dikonfirmasi Kepala Bidang Jalan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Blitar, Nanang Adi mengatakan kondisi jalan di Kabupaten Blitar hingga saat ini masih banyak jalan rusak yang dikeluhkan masyarakat, begitu juga aktivitas truk bermuatan pasir/galian C yang melebihi tonase.

Selain itu tidak adanya saluran air di sepanjang jalan juga mejadi pemicu kerusakan jalan. Bahkan ada juga sebagian masyarakat yang rela mengeluarkan uang pribadinya untuk menambal aspal yang berlubang menggunakan semen. Dengan turunnya Dana Alokasi Khusus (DAK ) sebesar 3,9 milyar rupiah, dimulainya pengerjaan perbaikan jalan Tawangsari- Sidodadi yang berjarak 2,4 Kilometer dan lebar 6 meter.

Perbaikan jalan Tawangsari-Sidodadi dapat memperlancar arus lalu lintas maupun perekonomian masyarakat. Jalan Tawangsari-Sidodadi merupakan jalur menuju wisata Penataran dan Kampung Kopi Karanganyar Nglegok,”jelasnya.

Dia berharap bagi pengguna jalan atau pengusaha truk pasir agar memperhatikan muatan tonasenya, supaya jalan yang dilalui tidak cepat rusak. Begitu juga bagi masyarakat setempat dapat memanfaatkan jalan ini dengan baik,menjaga kebersihan maupun masalah dranainase irigasi supaya diperhatikan.

Agar air jangan sampai mengenangi jalan yang akan mengakibatkan kerusakan jalan. Semua ini demi kelancaran arus lalu lintas maupun penggunaan jalan umum dapat nyaman saat melintas. Sehingga jalan Tawangsari – Sidodadi yang sudah diperbaiki oleh Dinas PUPR Kabupaten Blitar dapat bertahan lama,”ujar Nanang Adi.(fm)