Bobol Situs Mabes Polri, Pemuda Lulusan SD ini Divonis 1,4 Tahun Penjara

Lamongan, BeritaTKP.Com – Pemuda bernama Trisna Handyarto (19), warga Lingkungan Semangu RT 05 RW 06 Kelurahan Blimbing, Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan terpaksa harus dijatuhi hukuman 1,4 tahun penjara oleh PN Lamongan Jawa Timur lantaran terbukti melalukan pembobolan situs milik Bareskrim Mabes Polri.

Selain itu, Trisna juga didenda Rp. 100 juta subsider hukuman 1 bulan penjara. Proses hukum yang dijalani terpidana hampir tujuh bulan lamanya ini akhirnya membuktikan jika terpidana bermasalah telah berhasil menjebol sistem pengaman atau sistem elektronik ketua Nova flory Bunda. Dalam perkara ini lebih ringan 8 bulan dari tuntunan JPU, yulistiono selama 2 tahun penjara.

Aksi pelaku bermula ketika  berkenalan dengan seorang berinisial H yang melalui fb, orang itu mengaku menjual beberapa akses backdoor website melalui fb. Dengan hanya membayar uang total Rp 30 ribu kepada H itulah, pelaku mulai menjajal kemampuannya mendapat domain polri.

Ternyata kemampuannya disalahgunakan dan terdakwa pun memasuki script di database menjadi hacker website Bareskrim Polri. Ketika salah satu anggota bareskrim hendak mengisikan data-data Personil Bareskrim, website tidak dapat diakses dan muncul tampilan HACKED BY MR.B14CKR053. Akibatnya, Personil Bareskrim kesulitan dan begitu tampilan pertama selalu muncul gambar yang sudah diedit pelaku.

Atip dan Aris Arianto selaku penasehat terpidana dari LABH Al Banna pada Posbakum mengatakan,  “Kami tengah berunding dengan terpidana dan memastikan tidak mengajukan banding atas vonis pada klien kami,”

Kini Trisna, terpidana harus menanggung akibatnya dan menjalani hari-harinya di balik jeruji besi Lapas Kelas II B Lamongan. Terdakwa dijerat pasal 48 ayat (1) jo pasal 32 ayat (1) jo pasal 52 ayat (2) UU RI No. 19 Tahun 2016 tentang perubahan UU RI No. 11 Tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik.

Selain itu, Terdakwa juga dijerat pasal berlapis, termasuk pasal 50 jo pasal 22 UU RI nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan UU RI No. 36 Tahun 1999 tentang telekomunikasi.@red

Download Apps BeritaTKP di Hp Anda