Akibat Putung Rokok, 1 Hektar Hutan di Bojonegoro Terbakar

0
102

Bojonegoro, BeritaTKP.Com – Terjadi kebakaran di kawasan hutan turut Desa Ngunut, Kecamatan Dander tepatnya dipetak 88 RPH Grogolan BKPH Pradok KPH Bojonegoro. Kebakaran terjadi akibat puntung rokok yang dibuang sembarangan. Disekitar lokasi terdapat daun pohon jati yang kering sehingga mudah terbakar.

Dari TKP petugas Dinas Pemadaman Kebakaran Kabupaten Bojonegoro di bantu anggota Polsek Dander, Koramil dan Petugas Polisi Hutan ikut memadamkan api dengan cara manual karena jarak titik api sangat jauh dari akses jalan. Akibat kebakaran tersebut, kurang lebih 1 hektar lahan hutan terbakar.

“Pihaknya mendapat laporan adanya peristiwa itu. Selanjutnya, petugas mengerahkan satu unit mobil damkar dan tujuh personil. “Karena jarak kebakaran dengan jalan lebih dari 60 meter jadi pemadaman secara manual.” Ujar Kabid Pamadaman, Dinas Pemadaman Kebakaran Kabupaten Bojonegoro Sukirno.

Proses pemadaman dilakukan hampir 2 jam. Api yang membakar daun jati kering bisa dijinakkan dengan cara manual. Saya menghimbau agar masyarakat tidak membuang putung rokok sembarangan. Karena memasuki musim kemarau kawasan hutan rawan kebakaran.@red