Simulasi Pemadaman UNIK Padamkan Api Dengan Bom pack

0
113

Simulasi Pemadaman UNIK Padamkan Api Dengan Bom packSurabaya, BeritaTKP.Com – Petugas pemadam kebakaran PMK surabaya padamkan api dengan BOM PACK merk BONEX ke titik api. Bom akan meledak dan menyemburkan cairan berwarna merah dan mengikat oksigen saat terkena panas dari sumber api. Senin (23/7) di pusat pendidikan dan latihan pemadam kebakaran (PMK), Surabaya. Simulasi digelar dengan skenario insiden kebakaran di sebuah gedung ruko 4 lantai. Titik api pertama muncul dan semakin membesar di lantai 2.

Seluruh petugas pemadam kebakaran langsung mendatangi lokasi kejadian Petugas langsung memasang tangga dan merangsek ke dalam gedung di lantai 2.

Plt Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Surabaya, Irvan Widyanto mengatakan, simulasi tersebut memang dilaksanakan sebagai kegiatan rutin. Secara prosedur pun sudah sesuai dengan standar.

Bom Pack Sebelumnya sudah kami coba saat insiden kebakaran di salah satu ruko di Jalan Raya Lontar, dua pekan lalu,” kata Irvan di pusat Diklat PMK, Senin (23/7).

Irvan menjelaskan, bom pack itu diimpor dari Jepang. Bom tersebut bermerek BONEX. Bentuknya cair yang dikemas dalam botol plastik. Bom pack itu memiliki ukuran 629 gram atau setara kira-kita 500 ml. Bom itu memiliki daya ledak mencapai radius 3 meter.

Irvan tidak memaparkan zat apa saja yang terkandung dalam senjata baru mereka tersebut. Hanya saja, dia mengklaim bahwa, bom itu punya sejumlah keunggulan. Yakni, mampu memperkecil titik api. ” dan Juga dapat mengurangi kepulan asap”

senjata baru petugas pemadam kebakaran itu sangat cocok digunakan pada lokasi kebakaran yang padat penduduk dan gedung sempit atau tertutup. Bom itu juga sangat efisien saat digunakan untuk memadamkan api di ruang sempit.
Misalnya, seperti dapur dan lokasi minim sumber air.            @/bogi