Keberhasilan Desa Tapelan Dalam Pengelolaan Dana Desa Secara Maksimal

0
109
Keberhasilan Desa Tapelan Dalam Pengelolaan Dana Desa Secara Maksimal Untuk menanggulangi krisis air bersih di desa Tapelan terutama pada bulan kemarau yang biasanya berlangsung pada bulan Juli sampai Desember, Pemerintah Desa Tapelan, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun membuat sumur PAM Desa.
Kepala Desa Tapelan Sumino, Jum’at (27/07) mengatakan dulu sebelum PAM Desa ini di buat desa Tapelan sering mengalami krisis air bersih terutama pada bulan Juli hingga Desember. “Sebelum di buat sumur PAM Desa ini, desa kami sering mengalami krisis air bersih pada musim kemarau panjang biasanya di bulan Juli sampai Desember, namun sekarang berkat PAM Desa ini masyarakat kami sudah tidak lagi mengalami krisis air sebab PAM Desa dari Badan Geologi  yang dikelola oleh Bumdes ini sudah menjangkau semua masyarakat desa Tapelan” jelasnya.
Selain itu pihak Pemdes juga membuat sumur sibel di sawah untuk pertanian dengan tujuan untuk meningkatkan usaha tani, “ini sebagai bentuk kepedulian kami dibidang pertanian, masa tanam yang sebelumnya hanya bisa dua kali bisa menjadi tiga kali masa tanam, dengan harapan bisa menyumbang lumbung pangan di Jawa Timur” imbuh Sumino kepada wartawan Berita TKP saat di temui di Kantornya
Di bidang Pemberdayaan masyarakat Desa Tapelan juga tidak mau ketinggalan terbukti dengan adanya Home Industri, seperti bengkel mobil,Las,Tenun, Bordir yang sangat berdampak positif hingga bisa mengurangi angka pengangguran di desa Tapelan khususnya. Selain  itu desa Tapelan juga menggenjot pembangunan fisik terutama di bidang pengaspalan jalan di Rt.07 sampai Rt.11 dan paving di Rt.11 dan Rt.04. Pembangunan dan pemeliharaan Rumah Ibadah, jaringan irigasi, saluran pembuangan air limbah dan drainase desa di Rt.03, pembangunan tembok penahan tanah desa (Talut) di Rt.04, sarana olah raga, pemeliharaan gedung PAUD, pengelolaan air minum bersekala desa, RTLH dan pengelolaan pemukiman masyarakat desa (pengadaan tiang lampu)
sedangkan untuk pendapatan Desa Tapelan Tahun 2018 antara lain,Dana Desa sebesar Rp.692.529.000,00 dan Pendapatan Asli Desa sebesar Rp . 285.844.249,00.Bagian dari hasil pajak daerah Rp.  12.842.000,00
Bagian dari hasil retribusi daerah Rp. 3.709.000,00
Alokasi Dana Desa Rp.  481.865.000,00
Bantuan keuangan Kabupaten Rp.  60.000.000,00
Lain-lain pendapatan desa yang sah Rp.  1.150.000,00(DYN)