5 Dalang Mumpuni Dan 100 Waranggono Ditampilkan Dalam Puncak Acara Hari Jadi Kota Madium Ke 100

0
147
5 Dalang Mumpuni Dan 100 Waranggono Ditampilkan Dalam Puncak Acara Hari Jadi Kota Madium Ke 100Pagelaran wayang kulit semalam suntuk diadakan oleh Pemerintah Kota Madiun dalam acara puncak sekaligus penutup peringatan hari jadi ke 100 dengan mengambil lakon (judul) “Sirnaning Pedhut Swastinopuro”. Yang menarik disini adalah dalang yang di tampilkan biasanya hanya satu namun pada acara tersebut di hadirkan lima dalang sekaligus dan seratus waranggono dan wiraswara. Acara berlangsung di Alun-Alun Kota Madiun Sabtu (28/07).

Lima Dalang mumpuni yang tampil adalah Nabil Ekri, Krisna, Daiva Aditya dan Sakti semua merupakan warga Kota Madiun dan masih berstatus pelajar namun sudah pernah menyabet prestasi ditingkat Nasional, memperoleh penghargaan dari Gubernur Jatim, dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Sedangakan seratus Waranggono dan Wiraswara yang ditampilkan adalah pemenang lomba karawitan di Kota Madiun yang diadakan beberapa waktu lalu.
Acara ini juga sebagai salah satu upaya Pemerintah Kota Madiun untuk melestarikan Budaya Bangsa dan memotivasi masyarakat Kota Madiun khususnya generasi penerus Bangsa untuk berperan aktif menggali, melestarikan dan mengembangkan seni Budaya Bangsa.
Sebelum acara dimulai Walikota Madiun
H. Sugeng Rismiyanto, menyerahkan Gunungan kepada dalang yang akan tampil dilanjutkan oleh Wakil Walikota H.Armaya, ketua DPRD Istono serta jajaran Forkopimda lainnya.
Walikota Madiun dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang mendukung pelaksanaan Hari jadi Kota Madiun Tahun ini. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan malam ini yang ditampilkan oleh anak-anak sangat luar biasa, yang sebelumnya dilaksanan pagelaran Ketoprak, Festival Seni Pencak Silat Nusantara dan Charismatic Night Carnival ini adalah bukti bahwa generasi saat ini telah berbuat yang terbaik untuk Kota Madiun” jelasnya.
“Dan berharap untuk  Charismatic Night Carnival tahun depan lebih besar dan meriah lagi serta untuk Festival Pencak Silat Nusantara meminta kepada Dinas terkait untuk kerjasama dan koordinasi dengan IPSI Provinsi dan Pusat agar bisa dilaksanakan ditingkat Nasional” harap Walikota Madiun.
Budaya merupakan bagian dari pembangunan bangsa, membangun manusia Indonesia seutuhnya akan terwujud apabila dilandasi dengan kepribadian yang berkebudayaan. (DYN)