SLPHT Jadi Solusi Perbaikan Ekonomi Petani di Desa Dadapan

0
160

SLPHT Jadi Solusi Perbaikan Ekonomi Petani di Desa Dadapan Nganjuk, BeritaTKP.Com – Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu (SLPHT) di jadikan program untuk membantu petani meningkatkan hasil panen dan ekonomi di Desa Dadapan Kecamatan Ngronggot Nganjuk. Kelompok Tani Sembodo yang di pimpin oleh Bapak Sunardi menjadi salah satu kelompok tani yang mendapatkan program SLPHT di Kecamatan Ngronggot.

Ada beberapa Desa di wilayah Kecamatan Ngronggot yang mendapatkan program tersebut sesuai dengan kebutuhan petani di antaranya Cengkok, Mojokendil, Tanjung Kalang.

Kegiatan program sekolah lapang yang ada di Desa Dadapan ini mendapat pelatihan budidaya tanaman cabe dan serta cara perawatan mulai tanggal 10 Juli 2018.

Pelatihan yang di berikan dari Dinas Pertanian kepada Kelompok Tani Sembodo Dusun Tamansari di lakukan sebanyak 8 kali pertemuan meliputi tehnik budidaya cabe rawit, dan pengendalian hama dan penyakit.

Dalam acara program tersebut Bapak Winarno selaku petugas pengendali hama dan penyakit dari UPTD Pertanian Kecamatan menjelaskan hak dan kewajiban peserta SLPHT dilanjutkan tehnik dan strategi serta management tanaman sehat yang sudah menjadi bidangnya.

Kepala Desa Dadapan(Dedik S) berharap program ini menjadi motivasi kelompok tani yang lain khususnya yang ada di desanya serta program SLPHT bisa membantu meningkatkan produksi dan ekonomi petani di desanya.

Menurut Bapak Sunardi sebagai Ketua Kelompok Tani Sembodo menjelaskan bahwa kelompok tani yang di pimpin sering menjadi contoh untuk program-program Dinas Pertanian karena aktiv dan management administrasi yang terbuka demi kemajuan dan kesejahteraan anggota kelompok.

Program SLPHT di kawal dari UPTD Kecamatan juga hadir petugas Dinas Pertanian Kabupaten yang di wakili oleh Bapak Anto dan Bapak Gofur agar sukses dan bisa di nikmati oleh semua anggotanya karena program ini merupakan metode penyuluhan dalam penerapan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan serta sikap petani dalam pengelolahan tanam cabe.

Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu bertujuan agar petani bisa mengupayakan peningkatan hasil panen dan dapat mengendalikan penyakit penyebab turunnya hasil panen dengan adanya OPT (Organisme Pengganggu Tanaman) dan PHT (Pengendalian Hama Terpadu) sehingga dapat di antisipasi keberadaannya serta mengetahui resiko yang perlu di perhitungkan dan semua itu sudah menjadi kebijakan Pemerintah.(Hary)