Polisi Ringkus Sindikat Perampok Spesialis Bank

Para tersangka saat berada di mapolda Jatim

Surabaya, BeritaTKP.Com – Akhirnya Polisi berhasil membongkar semua pelaku kejahatan pencurian dengan pemberatan (curat) dengan sasaran para nasabah bank di Jawa Timur.

Munir (45) warga asal Dusun Tempursari Mojokerto, Firmansyah (41) warga asal Gedangan Pasuruan, dan Hermawan (45) warga asal Magersari Sidoarjo dan Andik (DPO). Ke empat pelaku ini melakukan aksi kejahatannya dengan tugas masing-masing dan terkoordinir.

“Hermawan bertugas mengawasi korban di dalam bank yang akan melakukan penarikan dengan cara ikut mengantri. Dan Firman bertugas mengawasi serta menginformasikan ciri-ciri korban di parkiran Bank setelah korban selesai melakukan penarikan,” terang Wadireskrimum Subdit 3 Jatanras Direskrimum Polda Jat AKBP Juda Nusa Putra saat rilis kasus curat di Mapolda Jatim, Rabu (29/8/2018).

AKBP Juda Nusa Putra menjelaskan, kedua pelaku lainnya yang merupakan eksekutor, menggunakan sepeda motor berboncengan stanby di pinggir jalan sekitaran Bank menunggu perintah dari dua orang lainnya di dalam Bank.

Di Jawa Timur sudah ada 7 tempat yang sudah menjadi tindak kejahatan mereka. Ini sudah dari 2016 melakukan kejahatan sampai saat ini sasarannya adalah selalu para nasabah bank pasuruan dua kali Lamongan dan Bojonegor satu kali. Saat ini pihak kepolisian masih melakukan pengejaran terhadap Andik (DPO) yang menjadi eksekutor dalam melakukan tindak kejahatan curat ini. Dari hasil penangkapan total kerugian dari hasil pencurian tersebut sebesar Rp 714 juta.

Barang bukti yang diamankan berupa 1 unit motor Honda Mega Pro, 1 unit motor Yamaha Mio, 3 tas pinggang, 3 dompet, 3 kartu identitas pelaku, 3 buah buku tabungan dari Bank, dan 2 buku tabungan, serta seperangkat peralatan yang dugunakan untuk melakukan aksi kejahatan, antara lain obeng, tang, paku, jarum, pisau untuk semata mata untuk mengancam korban.      @/ay